Tips Merawat Pakaian Berbahan Kain Sutera

Siapa yang tidak menyukai pakaian berbahan kain sutera. Secara penampilan, kain tersebut terlihat sangat mengilap, halus dan lembut sehingga terkesan elegan dan mewah. Pakaian yang berbahan kain sutera banyak menjadi favorit wanita untuk dijadikan bahan pakaian acara-acara resmi seperti gaun pesta ataupun gaun pengantin. Bagaimana tidak, kain ini sangat ringan dan memiliki tekstur yang jatuh serta tingkat kenyamanan yang tinggi. Maka tak heran jika harganya pun mahal karena berbanding lurus dengan kualitasnya.



Anda tentu tidak ingin gaun sutera kesayangan anda rusak dan tidak bertahan lama. Untuk itu anda perlu tahu bagaimana cara merawat bahan pakaian dari jenis kain sutera agar pakaian anda tetap lembu,halus dan warnanya juga tidak cepat pudar. 

Pertama, saat mencuci pakaian berbahan sutera, pastikan anda menggunakan tangan dan jangan pernah gunakan mesin cuci agar tidak merusak serat kain sutera yang lembut. Sebaiknya gunakan sabun cuci yang lembut seperti sabun cair dan hindari penggunaan butiran yang cenderung lebih kasar. Selain itu, hindari penggunaan atau terkena cairan pemutih pada permukaan kain karena dapat merubah warna bahan pakaian

Jika anda menemukan bagian yang kotor karena noda, gosok perlahan bagian tersebut atau anda bisa menggunakan shampoo yang dapat secara efektif menghilangkan noda. Caranya teteskan shampoo pada bagian bernoda tersebut lalu gosok secara perlahan menggunakan ujung jari yang lembut.

Saat membilas, air yang digunakan sebaiknya air hangat suam kuku sehingga permukaan kain sutera tetap mengilap. Sebaiknya tidak usah di peras untuk menghindari serat kain yang rusak karena tekanan. Biarkan saja di jemur dan di angina-anginkan namun terhindar dari sinar matahari secara langsung. Alternatif lain adalah menggunakan dry cleaning, namun tetap lebih aman jika anda mencuci bahan pakaian sutera dengan tangan agar anda dapat memperlakukan pakaian kesayangan anda dengan lebih hati-hati.  

Saat menyetrika, hindari suhu yang terlalu panas. Setel setrika pada suhu yang cocok digunakan untuk bahan satin atau dengan suhu sedang. Anda juga bisa membalik kain bagian dalam ke luar atau melapisi dengan kain lain seperti katun saat menyetrika, untuk menghindari kain sutera yang terlalu panas dan kehilangan kelembutannya.

Sekian artikel mengenai tips merawat pakaian sutera ini bisa menjadi referensi buat anda khususnya bagi anda yang mempunyai pakaian sutera sehingga bisa menjaga pakaian tersebut tidak rusak karena hal yang tidak diinginkan.

0 comments