Acam Rica Rica goreng Asli Manado

Kali ini saya akan memberikan resep ayam rica-rica goreng asli manado. Nah untuk bahannya tentu bahan utamanya adalah satu ekor ayam yang berukuran besar. pemilihan ayam ini juga harus anda ketahui ukurannya dan juga kesegarannya. Potong ayam menjadi 12 atau 15 jika anda memiliki anggota keluarga yang banyak. Untuk bumbunya antara lain.


Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8 butir (kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu tumisannya), bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 butir (kupas kulitnya dan haluskan. Kalau bisa gunakan bawang putih lokal untuk bumbu tumisannya), cabai meras besar ukuran sedang besar sebanyak 18 buah (cuci bersih dan haluskan untuk bumbu tumis. 

Jumlah bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera pedas keluarga anda), cabai Rawit merah kurang lebih sebanyak 6 buah. (cuci bersih dan haluskan untuk ditumis. Kalau suka pedas, jumlah cabai rawitnya bisa ditambah), batang sereh ukurang sedang sebanyak 2 batang. (memarkan terlebih dahulu sebelum digunakan), jahe ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 1 buah (digeprek saja supaya lebih meresep dengan bumbu lainnya), daun jeruk ukuran sedang sebanyak 7-8 lembar, garam secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil, gula secukupnya, air bersih secukupnya (kurang lebih 200 cc), dan minyak untuk menggoreng dan menumis bumbu secukupnya.


Beberapa langkah dalam membuat ayam rica-rica goreng asli manado :

  1. Cuci ayam yang sudah dipotong – portong. Panaskan minyak goreng. Lalu goreng ayam tersebut hingga menjadi setengah matang, angkat lalu tiriskan.
  2. Tuang sedikit minyak, tumis bumbu dalam api kecil. Bumbu disini antara lain bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah besar.
  3. Tumis sejenak hingg harum
  4. Masukkan potongan ayam yang masih setengah matang, aduk bersama tumisan hingga bumbu meresap.
  5. Tambahkan air secukupnya lalu aduk kembali.
  6. Masukkan sisa bumbu seperti sereh, jahe, daun jeruk, jeruk nipis, garam dan sedikit gula. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  7. Cicipi terlebih dahulu, jika masih kurang rasanya bisa anda tambahkan penyedap rasa. Aduk kembali lalu angkat.
  8. Sajikan bersama kecap bango.

Itulah resep ayam rica-rica goreng asli manado.Semoga bisa bermamfaat dan mempraktekannya dirumah anda dan disantap bersama keluarga tercinta anda.

1 comments

4 Januari 2015 19.41

Tahukah kamu kemasan sembarangan dapat menyebabkan kanker dan dapat merusak lingkungan?
Jika Anda mencari tray makanan ramah lingkungan, silahkan berkunjung ke web saya.

Reply
avatar