Kuliner Paling Top Dan Nikmat Di Kota Kembang Bandung

Kuliner Bandung kesempatan ini saya mau mengajak anda untuk mencicipi kelezatan kuliner kaki lima di Bandung. Untuk beberapa orang, mungkin saja agak cemas dengan higienitas kuliner kaki lima. Tetapi saya bakal coba menghidangkan Top 20 kuliner kaki lima di Bandung yang terkecuali terasa lezat, kebersihannya juga cukup terbangun dan tentunya masalah rasa tidak ada bandingannya.


  Kuliner Bandung

Dengan cara geografis, beragam tempat wisata kuliner di Bandung bisa dijangkau dengan cukup gampang, baik dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Rute angkot yang menjangkau semua sisi kota serta beberapa salah satunya beroperasi 24 jam bakal bikin perjalanan di kota Bandung jadi lebih fleksibel.



Baca Artikel Menarik : Objek Wisata Dibandung Terkeren


Kupat Tahu Gempol

Dari namanya, telah bisa ditebak bahwa makanan yang satu ini di jual di Jalan Gempol. Yup, benar sekali! Kupat Tahu Gempol berlokasi di Pasar Gempol, Jln Gempol Kulon No. 53, Bandung. Tempatnya ada diantara Jalan Dago serta Jalan Banda. Kupat Tahu Gempol yang telah berjualan mulai sejak th. 1975 ini dapat buka tiga cabang yang lain, yakni di daerah Setiabudhi, Dago, serta Lapangan Gasibu. Untuk Clickers yang mau nikmati kelezatan Kupat Tahu Gempol ini harus bangun pagi lantaran mereka cuma berjualan dari jam 05. 30 – 10. 00 pagi. Hmmm, enaknya kupat/lontong dengan tahu goreng serta tauge yang disiram dengan tauge! Mari sarapan kupat tahu! 

Sop Kaki M. Syam, Banceuy

Siapa kira dibalik warung tenda simpel di Jalan Banceuy itu di jual sop kaki yang tersohor lantaran kelezatannya? Sop Kaki Kambing H Syam ini sediakan bermacam pilihan menu seperti isian sop, daging, kaki, lidah, otak, jeroan, tulang riskan dari kambing. Kuah kaldunya itu memiliki kandungan beragam rempah hingga bisa menghangatkan badan penyantapnya. Harga nya yang bersahabat dengan dompet juga bikin warung yang buka sehari-hari jam 17. 30- 23. 00 ini juga senantiasa laku pengunjung. Namun untuk clickers yg tidak suka atau hindari daging kambing lantaran argumen kesehatan, sop kaki sapi bisa jadi pilihan anda. 

Bubur Otong

Bila melalui jalan Jenderal Sudirman dekat daerah Pasar Andir, janganlah lupa berhenti untuk mencicipi bubur ayam Pak Otong. Pak Otong yaitu generasi ke-2 mulai sejak ayahnya, Pak Handun, berjualan bubur ayam mulai sejak th. 1947. Rasa buburnya yang gurih dengan suwiran ayam besar-besar bikin Bubur Otong tidak pernah sepi pengunjung meskipun mesti disadari terkadang sesekali bakal muncul semilir bau pasar. Bubur ayam yang di sajikan tanpa ada kerupuk ini di jual sehari-hari mulai jam 18. 00 sampai 01. 00 awal hari. Uniknya, bubur ayam Pak Otong ini di sajikan tanpa ada kerupuk.

Nasi Goreng Bistik Sapi AA

Berlokasi di Jalan Astana Anyar 264, Bandung, nasi bistik AA berjualan jam 17. 30 hingga tengah malam atau hingga habis. Ada beragam jenis menu seperti : Nasi Bistik, Nasi Cah Jamur, Nasi Puyunghai, Nasi Capcay, Nasi Kuluyuk, Nasi Goreng Bistik, Mie Goreng, Mie Kuah, Kwetiaw Goreng, serta Bihun Goreng. Tetapi menu andalannya sudah pasti nasi goreng bistik, yakni nasi goreng yang di beri daging ayam goreng tepung yang renyah, digabungkan dengan kentang goreng, wortel serta buncis. 


Bebek Ali (Bebek Borromeus)

Kesenangan dari bebek yang di jual di suatu tenda di belokan seberang pintu selatan RS Borromeus (Tepatnya di Jalan Hasanuddin 8, Bandung) telah di kenal seantero Bandung. Bebeknya empuk, lezat, serta tak amis. Rasa sambalnya juga cocok, tidak terlampau menggigit. Betul-betul buat ketagihan, deh! Sehari-harinya Bebek Borromeus ini mulai berjualan jam 17. 00 serta terkadang jam 19. 00 juga stock bebeknya telah habis.

Gudeg Bu Ratna

Untuk beberapa penikmat gudeg yogya, yakni gudeg dengan ciri khas rasa manis yang menguasai, Gudeg Bu Ratna mungkin saja salah satu pilihan menarik. Untuk saya, terasa tidak kalah enak dari Gudeg Banda. Gudeg dari nangka muda yang lembut serta manis disantap berbarengan kerecek yang gurih serta sedikit pedas, tahu bacem atau tahu putih, telor, daging ayam kampung berpadu dengan kuah opor yang gurih. Wah, dapat lebih nasi panas dua jumlah nih! Bisnis gudeg yang dipunyai oleh Ratnasari Anggoman ini diawali mulai sejak th. 1992 serta saat ini sudah mempunyai 14 cabang. Satu diantaranya yakni berlokasi di suatu tenda simpel di persimpangan jalan Pasirkaliki serta jalan Semar. 


Ayam Bakar Madu Warung 97

Nama tempatnya agak alay memanglah, tetapi kelezatan menunya tak perlu diragukan. Di warung tenda yang berlokasi di Jalan Rajiman ini (seberang Tomodachi café), menu yang ada diantaranya : ati ampela, sate usus, pecel lele, nasi uduk, serta sudah pasti favoritnya yaitu ayam bakar madu. Jumlah nasi uduknya besar serta mengenyangkan, serta kol gorengnya juga crispy. Manis madu yang berpadu dengan manisnya kecap yang pasti bikin anda jatuh cinta dengan ayam bakar madu Warung 97 ini. Eitts! Janganlah salah masuk tenda, ya lantaran tenda di sampingnya juga keduanya sama jual nasi uduk.

Batagor Hanjuang, Jalan Astina

Singkatan dari BAso TAhu GOReng, makanan yang satu ini yaitu santapan khas Bandung banget. Clickers pasti telah pernah mendengar perihal Batagor Riri atau Batagor Kingsley. Namun kesempatan ini saya ingin mereferensikan Batagor Hanjuang, yang di jual di suatu gerobak persis di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina (belakang Istana Plaza). Batagornya tidak terlampau berminyak, ikan tenggirinya cukup merasa serta bumbu kacangnya juga enak. Untuk khas kuliner kaki lima, Batagor Hanjuang ini TOP banget terasa. 


Tempat Kuliner Yang Mungkin Harus Anda Coba


1. Kedai Bubur Mang Oyo
Lokasi: Jln. Sulanjana No. 30 (buka pagi – sore), Jln. Gelapnyawang ITB, Jln. Surya Soemantri – Maranatha, Jln. Surapati No. 63, Jln. Burangrang No. 42, Jln. Pasteur samping Giant, Jln. Tubagus Ismail No. 45 Bandung.

2. Bubur Akiong selera Oriental
Lokasi: Halaman GOR Pajajaran (buka jam 6 – 10 pagi)

3. Mie Kocok
Lokasi: MIH Kocok SKM Jln. Sunda No. 38, Mi Kocok Holis Jln. Terusan Syahbandar No. 79, dan Soekarno Hatta No. 29, MIH Kocok Mang Dadeng Jln. Banteng No. 67 Bandung

4. Mie Raos Kejaksaan
Lokasi: Jln. Kejaksaan No. 19 Bandung
5. Warung M. Unus
Lokasi: Terminal Hall dekat stasiun KA Hall. Buka hanya malam hari dengan jualan perkedel

6. Penjual Batagor
Lokasi: Batagor Kingsley Jln. Veteran No. 25, Batagor Riri Jl Burangrang No. 41 Bandung

7. Siomay Pa Lili
Lokasi: Jln. Geger Kalong Girang No. 64 Bandung

8. Penjual Bakso Ceker
Lokasi: Mie Baso Akung Jln. Lodaya No. 123, Rumah Baso Mie Akup Jln. Lodaya No. 55

9. Warung Bakso Bakar Arema 71
Lokasi: Jln. Raya Ujung Berung No. 279, Jln. Setiabudi No. 226, Jln. Geger Kalong Hilir No. 24

10. Penjual Lotek
Lokasi: RM Kolak Macan Jln. Badak No. 19, Lotek Kalipah Apo Jln. Ciguriang Sebelah King Shopping

11. Lo Mie Imam Bonjol
Lokasi: Jln. Imam Bonjol No. 9, Jln. Wayang No. 12

12. Jagung Bakar 4 Rasa
Lokasi: Jln. Ir H. Juanda (Dago) seberang KFC (buka jam 5 sore sampai dini hari)

13. Mie Baso Serbu
Lokasi: Jln. Ahmad Yani No. 783, Bandung


Objek Wisata Kuliner Bandung untuk Oleh-Oleh Keluarga

1. Toko Roti Jadul Sidodadi
    Lokasi: Jln. Otto Iskandar Dinata No. 255 Bandung

2. Roti Bawean
    Lokasi: Jln. Bawean No. 4

3. Bagelen Toko Kue Abadi
    Lokasi: Jln. Purnawarman No. 49

4. Bagelen Merbabu Bread & Cookies
    Lokasi: Jln. Karang Mulya No. 8 Setiabudi

5. Kopi Aroma
    Lokasi: Jln. Banceuy No. 51 Bandung

6. Gepuk Ny. Yong
    Lokasi: Jln. Pasundan No. 15, Jln. Sawo No. 6, Jln. Setiabudi No. 144, Jln. RE Martadinata No. 57


Sekian informasi seputar Wisata kuliner yang ada dikota bandung ini semoga sahabat diamod bisa terbantu khususnya yang bukan orang bandung,Tak kala main ke kota kembang tersebut bisa menyimpang dulu ke kulliner yang ada dikota bandung jawa barat ini, Semoga bisa bermamfaat bagi pembaca semua.

0 comments