Perkembangan Reksadana Syariah yang Perlu Diketahui

Baru-baru ini, sistem perbankan dengan prinsip-prinsip syariah mulai jauh dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar, terutamanya oleh masyarakat muslim. Investasi memang sudah diatur dan diperbolehkan dilakukan dalam Al-Quran dan hadits, maka dari itu banyak orang muslim yang ingin ikut serta dalam investasi demi perkembangan perekonomian mereka. 

Reksadana syariah salah satunya, dimana instrumen investasi ini kini sedang sangat populer karena keuntungan yang ditawarkan dan ketenangan juga kenyamanan bagi investor yang dijanjikan dengan prinsip halalnya. Reksadana semacam ini memilih perusahaan yang tidak menimbulkan mudarat atau bisa merugikan orang lain untuk sasaran investasinya. Dari mulai pemilihan perusahaan untuk sasaran investasi, kemudian sistem yang dijalankan dalam pembagian deviden juga menggunakan prinsip-prinsip syariah.



Sebenarnya kemunculan reksadana semacam ini awalnya akibat sistem perekonomian serta perbankan dari barat yang dikelola dengan sistem kapitalis tak mampu menjawab kebutuhan negara-negara berkembang. Baru-baru ini sistem kapitalis juga telah mengalami keruntuhan meskipun sebelumnya sistem ini dianggap sebagai sistem raksasa yang tak akan ambruk. 

Sekarang ini banyak orang menyadari bahwa sistem kapitalis ini tak bisa menjadi pedoman mereka ketika berbisnis, maka muncullah sistem ekonomi syariah. Seluruh kegiatan perbankan dengan prinsip syariah dikelola dengan aturan islam, termasuk dalam investasi seperti dalam reksadana. Reksadana dengan prinsip syariah akhirnya kini banyak menjadi pilihan setelah sistem lain tak mampu menjawab tantangan.


Reksadana syariah ini memberikan keuntungan bagi anda dalam investasi, menghasilkan dividen tanpa prinsip riba. Jadi uang yang dihasilkan ini dijamin aman jika dibandingkan dengan investasi yang hanya mengandalkan deposito dan tabungan. Namun kemungkinan anda untuk gagal dalam investasi ini tidak sebesar ketika anda berinvestasi langsung pada perusahaan yang belum jelas profile nya. 

Dalam reksadana prinsip syariah, profile perusahaan menjadi perhatian penting ketika akan dipilih sebagai penerima investasi. Salah satu bank yang menjalankan prinsip demikian adalah Schroders Indonesia. Schroder ini membantu anda dalam reksadana berprinsip syariah. Selain itu Schroders Indonesia ini telah menyabet beberapa penghargaan terkait reksadana berprinsip syariah sehingga bisa menjadi pertimbangan anda dalam berinvestasi.

0 comments