7 Tips Membedakan Jenis Batu Akik Asli atau palsu sintetis

Membedakan Batu Aki Asli atau Palsu - Kemajuan usaha batu akik sekarang ini sungguh luar biasa dan potensinyapun sangat bagus di pasaran,bayak sekali sekarang orang orang di indonesia berbisnis batu akik dan tentunya jenis batu akik yang ada dipasaran tak lepas dengan batu akik asli dan batu akik palsu.

Jenis batu akik menurut para pedagang yang ada di JGC mengatakan batu akik yang dijual di JGC tersebut 75 persenyya batu sintetis yaitu semacam batu buatan yang dikerjakan oleh manusia,sedangkan batu asli yaitu batu alam yang mempunyai ketahan dan serat didalam batu alam tersebut.

Takut tertipu dengan batu akik palsu atau sintetisan buatan manusia ? Maka oleh karena itu genterist.net akan memberikan tips atau cara membedakan jenis batu akik palsu dan jenis batu aki asli,yang akan di rangkum dalam 8 cara membedakan batu akik yang akan dijelaskan dibawah ini.

Menurut pakar batu cincin akik dan jasa pemasangan cincin batu akik yang bernama iqbal memberitahukan kepada masyarkat agar sebaiknya batu akik yang harganya cukup mahal sebaiknya di tes di labolatorium untuk mengetahui batu akik itu asli atau palsu dan jikalau batu akik itu asli maka pihak labolatorium memberikan anda sertifikat untuk membuktikan batu akik yang anda beli itu berjenis batu akik asli.


Oleh karena itu saya akan memberikan masukan tentang cara membedakan batu akik asli atau palsu menurut pakar batu mulia.

 Sumber image : aktualpost.com

Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Batu Akik Palsu

1. Batu akik yang asli terdapat di alam dan dari proses penyempurnaan batu akik tersebut dengan cara mengukir dan kemudian di gosok bagian tertentu dari batu akik yang tersisa hanya warna ataupun corak batu akik yang dihasilkan murni dari alam dan tanpa pembuatan bahan bahan lain,sedangkan jenis batu akik yang sintetis atau buatan manusia itu terlihat dari bentuk ataupun pemanasan dan pewarnaan di campur dengan bahan kimia bertujuan untuk mendapatkan batu akik yang sangat indah.

2. Jenis batu mulia yang asli mempunyai kadar serat didalam batu tersebut sehingga batu akik yang asli terlihat seperti agak retak,dan dalam segi warna batu akik yang asli mempunyai pancaran warna yang agak kegelapan atau redup khusus batu akik yang masih baru,Dan batu akik sintetisan tidak sama sekali mempunyai serat di dalam batu sintetis tersebut sehingga warna yang dipancarkan di dalam batu akik sintetis terlihat lebih berkilau dan terang.

3. Menggunakan alat seperti senter lup atau kaca pembesar untuk mengetes keaslian batu akik.Batu akik yang asli tatkala di sorotkan ke batu akan terlihat adanya noda atau plak plak yang ada didalam batu akik.dan lain halnya dengan batu sintetis tatkala senter disorotkan ke batu akik terlihat tidak ada noda dan biasanya batu akik sinetis sipatnya sama dengan Kaca.dan luup atau kaca pembesar digunakan untuk melihat apakah batu akik tersebut mempunyai serat atau tidak,jikalau batu tersebut memiliki serat atau noda di dalam batunya mungkin batu tersebut asli bukan sitetisan.Alangkah lebih baiknya di cek di labolatorium supaya lebih terpercaya dengan keaslian batu tersebut.

4. Cara Membedakan batu akik ada juga yang memakai Tablet atau smartphone yang berlayar sentuh atau 'touchscreen' dengan cara menggeserkan batu akik tersebut ke Tablet ataupun gadget yang anda punyai dan jikalau batu akik di geserkan di layar tochscreebn gadget anda berpindah maka bisa disebutkan batu tersebut asli.Tapi cara tersebut kurang efektip untuk membedakan batu akik yang asli atau palsu.

5. Batu akik atau batu mulia yang dipeloleh di alam atau batu akik asli biasnya batu tersebut berbobot atau berat lain halnya dengan batu akik sintetis yang memiliki berat yang cukup ringan.Tapi cara tersebut belum dikatakan efektip karena banyak produsen pembuat batu akik sintetis yang membuatnya sama berat dengan jenis batu akik yang asli.

6. Menguji keasliaan batu akik di labolatorim adalah saran yang lebih manjur melihat dengan adanya produsen batu akik sintetis yang membuatnya sama percis dengan batu akik yang asli.dan cara ini saya sarankan karena lebih baik dibandingkan dengan cara yang lain,karena pastinya di labolatorium khusus pengecekan batu akik pastinya lebih tau dan profesional.

7. Cara mengetes batu akik yang asli bisa juga dengan cara menggoreskan batu akik tersebut ke Kaca dan jikalau Kaca tersebut tergores oleh goresan batu akik tersebut maka bisa dikatakan batu akik itu asli,karena batu akik asli mempunyai ketahanan yang bisa menggores sebuah kaca yang ada dirumah anda.

Dari 7 tips atau cara membedakan batu akik bisa anda terapkan ke batu akik yang anda miliki,dan saya sarankan juga batu akik yang anda miliki sebaiknya di tes dilabolatorium dan mensertifikatkan batu akik anda supaya jikalau anda akan menjual batu akik yang sudah mempunyai sertifikat,pembeli tidak akan pusing pusing lagi dan langsung akan membeli batu akik yang anda miliki,cara tersebut wajib hukumnya untuk anda yang memiliki jenis batu akik super atau berkelas.

Sekian artikel tentang 6 Tips membedakan batu akik asli atau palsu semoga bermamfaat untuk anda dan langsung menerapkan cara tersbut ke batu anda,ikuti terus informasi seputar berita online yang akan terus update seputar berita online terbaru,semoga bermamfaat buat anda.

0 comments