Mengenal Lebih Dekat Pinjaman Syariah yang Lebih Menentramkan

Pinjaman syariah menjadi salah satu produk perbankan atau lembaga keuangan yang menganut sistem syariah dalam prosesnya. Hal itu bisa dikategorikan ‘tandingan’ dari produk perbankan konvensional yang masih merajai bidang bisnis dan perbankan di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam memang sangat membutuhkan berbagai produk perbankan maupun lembaga keuangan yang lebih bernafas Islami. Dengan begitu, mereka yang ingin berbisnis sekaligus mempraktikkan syariat Islam dapat melakukannya dengan bersamaan. Salah satu produk perbankan seperti itu, yaitu pinjaman syariah.

Apa yang Membedakan Pinjaman Syariah Dengan Konvensional?

Salah satu yang membedakannya, yaitu pinjaman dengan sistem syariah tidak menerapkan bunga kepada setiap konsumen yang mengajukan kredit pinjaman. Pasalnya, pihak perbankan atau lembaga syariah yang memberikan pinjaman tidak ingin mendapatkan keuntungan dari bunga tersebut. Mereka hanya memberikan beban kepada konsumen, yaitu berupa biaya administrasi tiap bulan yang nominal besarannya lebih kecil daripada bunga pinjaman.

Beberapa orang atau pengamat perbankan memberikan komentar jika biaya administrasi tersebut merupakan bentuk lain dari bunga yang dibebankan untuk konsumen. Pasalnya, mereka melihat jika kebanyakan lembaga keuangan yang mengaku menerapkan sistem syariah, ternyata tetap memberikan beban administrasi dengan nilai yang cukup tinggi kepada konsumen. Hal itu sama saja memberikan bunga pada konsumen yang mengajukan pinjaman kredit. Dimungkinkan memang masih ada lembaga syariah yang memang tidak murni menjalankan syariah seperti itu. Pasalnya, mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan dari ngetrendnya sebuah bisnis perbankan syariah yang lagi diminati oleh masyarakat.

Anda pun mungkin bisa melihat dan membaca berbagai perbankan dan lembaga keuangan dengan embel-embel syariah. Mulai dari bank syariah, koperasi syariah, hingga pegadaian syariah. Selama lembaga tersebut memang murni menjalankan fungsi sesuai syariat agama Islam, maka Anda pun jangan ragu dan khawatir untuk meminjam dana di sana. Namun jika sebaliknya, ternyata hanya nama atau embel-embel syariah saja untuk menarik banyak konsumen, sebaiknya Anda perlu berpikir ulang untuk meminjam dana di situ.

Pinjaman Syariah yang Lebih Menentramkan

Bagi mereka yang ingin menjalankan ketentuan agama sesuai syariat Islam dalam sebuah transaksi jual beli atau bisnis tertentu. Pasti mereka lebih memilih perusahaan atau lembaga yang menjalankan bisnisnya dengan sistem syariah. Apalagi di Indonesia yang diyakini cukup banyak konsumen yang menginginkan jalan syariah seperti itu. Dengan begitu, mereka bisa merasa lebih aman dan tentram karena bisa menjalankan fungsi syariah semaksimal mungkin. Begitu juga saat akan mengajukan pinjaman, pasti dipilih yang lebih syariah sehingga mampu memberikan rasa nyaman saat bertransaksi berbisnis perbankan. Namun demikian, jangan sampai salah memilih tempat meminjam yang hanya nama atau embel syariah saja, tetapi sistemnya jauh dari syariah. Telitilah terlebih dulu sebelum mengajukan sebuah pinjaman syariah.


0 comments