3 Cara Ampuh Membedakan Beras Asli Atau Palsu Sesuai Dengan Fakta

Cara membedakan beras asli atau palsu Ditemukannya beras palsu yang rata-ratanya terbuat dari bahan kentang dan plastik ini mulai menghebohkan masyarakat di indonesia,dengan adanya kemunculan beras palsu maka dihimbau agar masyarakat kita tidak tertipu melihat beras adalah bagian utama bahan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat di indonesia,pada awalnya beras yang berbahan plastik ini ditemukan di bekasi dan sempat menggegerkan warga disana dengan kemunculan beras palsu tersebut.

Dengan adanya beras palsu yang disinyalir berasal dari negri tiongkok ini memang sudah meresahkan warga kota Taiyuan tepatnya di provinsi Shaanxi di Tiongkok dan disinyalir mengandung zat yang akan merusak dan membahayakan kesehatan yang mengkonsumsi beras palsu tersebut.

Para pakar ahli beras mengatakan bahwasannya beras asli dan beras palsu mempunyai perbedaan yang sangat jauh dilihat dari kasat mata,karena beras asli dan beras palsu bisa dibedakan dengan tektur beras dan bentuk dari buji beras yang sangat berbeda,sehingga masyarakat kita tidak tertipu mengkonsumsi beras palsu yang disinyalir dapat merusak kesehatan yang cukup serius.

3 Cara Ampuh Membedakan Beras Asli Atau Palsu
Beras Palsu atau asli

Dikuti dari website dream.co beras asli mempunyai sifat menyerap air maka oleh karena itu tektur beras akan lembut dan jika dimasukan kedalam mejikom atau pengangat nasi beras yang asli akan mengeras tapi dari segi tekturnya beras asli mempunyai kelembutan yang masih ada,dan sedangkan dengan beras palsu terasa lembek dan semakin mengeras sama halnya ketika dikeluarkan dari mejikom atau pengangat nasi,beras palsi justru akan cepat mengering dan mengeras seperti yang diucapkan oleh dokter ahli gizi yang bernama Dr Verawati sudarma.

Perbedaan dari beras palsu yang lainnya aroma yang dikeluarkan oleh beras palsu cenderung memiliki bau kimia yang cukup signifikat dan pastinya berbeda dengan beras asli pada umumnya.

Aroma beras palsu condong keluarkan bau sangit serta beraroma bahan kimia. Untuk beras asli bakal keluarkan aroma lebih wangi lantaran H2O di beras sebagai nasi bakal keluarkan bau yang harum, diluar itu juga glukosa pada beras keluar dengan prima, " imbuhnya.

Beras palsu bakal lebih ketahuan saat dikerjakan pencucian, yaitu bakal mengambang serta tidak terbenam seperti beras biasanya. Sesudah tanak atau masak, beras palsu lebih sama keras, tak lembut seperti beras asli.


Nah, bila untuk rasa sob, beras palsu bakal merasa lebih tawar, beda dengan beras asli yang gurih serta pulen lantaran kaya karbohidrat serta glukosa.

" Bila beras palsu yang terbuat dari plastik jadi tektur beras bakal lebih lembut serta licin, berwarna putih semuanya. Untuk beras asli, struktur beras sedikit lebih kasar, warnanya putih serta bening namun tak semuanya. Beras asli bakal mempunyai rasa manis lantaran glukosa karbohidrat dalam beras terurai prima. Sedang beras palsu terasa hambar serta tawar tak mempunyai rasa, " ujarnya.

Sekian informasi seputar cara membedakan beras asli atau palsu semoga bisa menjadi ilmu supaya anda tidak terjebak dengan adanya beras yang terbuat dari bahan dasar plastik ini semoga kita tetap dilindungi tuhan maha pencipta tentang makanan yang bisa membahayakan kesahatan maupun keselamatan kita terima kasih semoga bermamfaat.

0 comments