Cara Membuat Singkong Crackers Bumbu Tumpeng

Resep Singkong crackers bumbu tumpeng merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian yang dapat menghasilkan tepung. Tepung tersebut dapat juga kita kenal dengan sebutan tepung tapioca. Tepung tapioca ini dapat kita ambil pada saat kita memarut singkong tersebut dan kita ambil sari dari air perasan tersebut kemudian diamkan kurang lebih 3 jam atau 1 hari 1 malam supaya tepung tersebut mengendap sempurna.

Tepung tapioca ini biasa orang gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerupuk, gurandil, cireng dan makanan lainnya. Selain dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan, singkong juga dapat dibuat sebagai cemilan. Baik keripik singkong maupun singkong goreng.

Singkong goreng ini dapat kita kreasikan supaya menghasilkan rasa yang begitu berbeda. Dengan kita mencampurkan bumbu tumpeng, singkong ini akan menjadi leih lezat.

Singkong Crackers Bumbu Tumpeng
Singkong Crackers Bumbu Tumpeng

Cara membuatnya gampang,pertama-tama kita siapkan singkong, lalu kupas bersihkan. Potong kemudian rendam di air ksih garam sedikit.

Resep Menarik lainnya : Resep Masakan Mudah Dan Cepat Saji

Bumbu-bumbu yang harus dihaluskan:
  1. Kunyit
  2. Bawang putih
  3. Bawang merah
  4. Kemiri
  5. ketumbar
  6. Bumbu sachet tumpeng
  7. Sebagai tambahan kita sediakan Minyak goreng untuk menggoreng
Alat yang digunakan :
  1. Panci pengukusan
  2. Wajan (Penggorengan)
Cara membuat :
  • Pertama-tama kupas singkong tersebut sampai bersih. Lalu potong singkongnya menjadi beberapa bagian. Sementara itu haluskan kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar dan bumbu sachet tumpeng tersebut dengan menggunakan blander dan kasih air sedikit .
  • Setelah bumbunya halus, singkong yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong tadi kita lumuri dengan bumbu tersebut hingga merata lalu kasih garam. Redam sebentar lalu masukan kedalam panci pengukusan lalu kukus selama 20 menit sampai 30 menit. 
  • Sesudahnya dikukus, singkong tersebut didiamkan dlu beberapa menit agar bumbunya meresap. Sambil menunggu bumbunya meresap, kita siapkan penggorengan dan kita kasih minyak lalu tunggu sampai minyak itu panas. Goreng singkong tersebut hingga berwarna kecoklatan dan hingga mengeras. 
Sekian resep maskan tentang Cara membuat singkong crackers bumbu tumpeng semoga bisa menjadikan resep yang cocok bagi keluarga anda,Singkong creackers ini lebih enak bila disajikan dengan air the hangat. Selamat mencoba !!

0 comments