5 Tips Ketika Akan Sewa Tempat Bisnis

5 Tips Ketika Akan Sewa Tempat Bisnis - Jika bisnis yang Anda lakukan masih dalam tahap awal, sebaiknya jangan berpikir membangun tempat sendiri lebih dahulu. Selama usaha belum mapan, mengeluarkan uang demi bisnis yang belum terbukti ketahanannya bukanlah keputusan yang bijak. Pilihan yang lebih tepat adalah sewa tempat di gedung perkantoran yang akan memberikan kesan baik untuk klien.

Apa saja yang harus diperhatikan jika Anda akan sewa ruangan? Pastikan tempat yang akan disewa mempunyai hal berikut:

5 Tips Ketika Akan Sewa Tempat Bisnis
Images ilustation : Kantor twitter


1. Lokasi bagus
Lokasi menentukan sukses tidaknya usaha Anda. Tempat yang strategis akan memudahkan klien mencapai Anda, membuat pekerja mudah mengaksesnya, dan memudahkan Anda menjalankan bisnis dengan lengkapnya fasilitas di sekitar.

2. Fasilitas lengkap
Pastikan juga bahwa gedung yang akan Anda tempati tersebut mempunyai fasilitas lengkap seperti internet, telepon, listrik yang memadai, toilet bersih, dan fasilitas lain yang mendukung bisnis milik Anda.

3. Keamanan yang ketat
Keamanan yang baik juga akan membuat Anda dan pekerja di dalamnya lebih merasa tenang ketika bekerja dan saat pulang sehabis lembur. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keamanan data dan berkas penting Anda.

4. Lahan parkir
Lebih baik lagi jika kantor yang Anda sewa punya lahan parkir yang mencukupi bagi karyawan.

5. Receptionist
Gedung yang menyediakan layanan receptionist dan akan menjawab ketika ada yang menghubungi kantor Anda, akan memberikan kesan profesional bagi klien.

Berhubung gedung kantor yang memiliki semua kriteria seperti ini susah-susah gampang dicari, Anda perlu melakukan banyak riset dan perbandingan antara pilihan satu gedung dan yang lain. Secara fisik, pastikan bahwa:
  • Luas ruangan sesuai dengan keperluan Anda, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  • Gedung kuat dan terawat dengan baik, tanpa adanya retakan ataupun kerusakan yang mengkhawatirkan.
  • Semua fasilitasnya berfungsi dengan baik.


Mencari gedung seperti ini, Anda juga harus menyadari bahwa sewa tempat untuk bisnis dengan kriteria yang lengkap dan ideal tidaklah murah. Meski Anda tidak perlu membayar biaya pembangunan ataupun konstruksi, Anda tetap harus menyediakan anggaran yang cukup. Jangan memaksakan untuk memilih gedung yang tarifnya di atas budget yang dipunyai, sehingga Anda tidak perlu berhutang.

0 comments