4 Kebiasaan Hemat Memakai Spesifikasi Mesin Cuci dengan Daya Rendah

4 Kebiasaan Hemat Memakai Spesifikasi Mesin Cuci dengan Daya Rendah - Ketika Anda membeli mesin cuci, biasanya hal yang pertama Anda lihat adalah spesifikasi mesin cuci tersebut, bukan? Berapa besar listriknya, banyaknya tampungan cucian, dan apakah mesin tersebut cukup diletakkan di rumah? Semua itu Anda tanyakan karena tentu saja Anda tidak mau rugi ketika membelinya. Tetapi sudahkah Anda mencuci dengan efisien?

Perhatikanlah hal tersebut, karena seberapa pun hebatnya klaim hemat dari spesifikasi dari mesin cuci yang dibeli, kalau kebiasaan mencuci Anda jor-joran, tetap saja boros. Inilah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dilakukan untuk menekan penggunaan listrik:

4 Kebiasaan Hemat Memakai Spesifikasi Mesin Cuci dengan Daya Rendah

1. Mengurangi frekuensi mencuci
Cucilah baju tiap 3 hari atau seminggu sekali. Jika cucian belum banyak, maka tunggu baju kotor sudah terkumpul. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan listrik, Rinso, dan air untuk 2-3 baju saja.

2. Atur durasi pencucian
Kalau pakaian yang akan dicuci ternyata tidak terlalu kotor, maka Anda bisa mengatur supaya waktu pencucian bisa dipersingkat, dengan demikian menghemat listrik.

3. Rendahkan temperatur
Anda juga bisa mengatur untuk menggunakan mesin cuci dalam suhu yang rendah untuk mengurangi daya listrik yang digunakan.

4. Mengeringkan di sinar matahari
Mau lebih hemat lagi? Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan baju dengan alami, atau membatasi penggunaan pengering ketika hujan.

Lakukanlah kebiasaan di atas, dan lihat tagihan listrik Anda berkurang, termasuk juga penggunaan air untuk mencuci. Selain itu, ada juga beberapa hal sederhana yang mungkin luput dari perhatian Anda, namun punya dampak cukup banyak, misalnya:

  • Menggunakan mesin cuci di atas kapasitas juga memakan banyak listrik.
  • Gunakan Rinso seperlunya saja, semakin banyak, semakin banyak pula air yang diperlukan.
  • Mesin cuci dengan bukaan atas alias 2 tabung jauh lebih menghemat penggunaan listrik dan air.
Selain membuat kebiasaan menghemat yang baru, Anda juga bisa melihat spesifikasi mesin cuci, terutama tentang daya listrik yang diperlukan. Sekarang ini ada banyak mesin cuci yang bahkan bisa beroperasi dengan daya tidak lebih dari 150-200 watt, sangat hemat, berukuran cukup kompak, dan tetap efektif dalam membersihkan pakaian. Telitilah sebelum membelinya.

Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya mengenai Cara Merawat Mesin Cuci Samsung Agar Tetap Awet terima kasih semoga bermamfaat buat anda semuanya.

0 comments