Belajar Menata Barang dari Sosok Marie Kondo

Belajar Menata Barang dari Sosok Marie Kondo - Kisah inspiratif yang istimewa tak selalu datang dari hal-hal besar.

Menata barang-barang di rumah sering dianggap sebagai kegiatan yang sepele. Hal ini kerap dilimpahkan sebagai tugas bagi Ibu atau asisten rumah tangga. Sebenarnya menata barang bukanlah pekerjaan yang sepele. Ketika kamu atau orang rumah mulai keliru dalam menata barang, bukan mustahil rumahmu akan tampak sempit dan berantakan.
Mungkin sedikit sekali orang yang berpikir bahwa menata barang itu ada ilmunya. Selain membutuhkan kesabaran, menata barang pun harus dilakukan dengan teliti disertai suasana hati yang baik. Akhir-akhir ini urusan menata barang mulai dilirik sebagai suatu tren yang positif berkat ketelatenan seorang wanita Jepang bernama Marie Kondo.

Sosok Marie Kondo

Siapakah Sosok Marie Kondo?


Awalnya Marie Kondo adalah sosok wanita biasa. Kegemarannya merapikan barang sudah mulai tampak sejak ia kecil. Marie terbiasa untuk merapikan barang-barang di rumahnya secara mandiri. Kemampuannya dalam menata barang-barang semakin baik ketika Marie bekerja di sebuah kuil Shinto. Di kuil tempat ia bekerja, Marie terbiasa untuk menata barang secara apik agar kuil tersebut selalu nyaman dan bersih.
Tak terhitung sudah berapa banyak barang yang Marie bereskan seumur hidupnya. Dari kebiasaan yang ia sukai tersebut, perlahan-lahan Marie menemukan metode khusus untuk menata barang secara mudah.

Mengenal Kondo’s Method


Cerita motivasi tentang Marie Kondo yang mahir merapikan barang-barang terus berkembang. Hal ini juga mendorong Marie untuk menulis sebuah buku bertajuk “The Life-Changing Magic of Tidying Up”. Melalui buku tersebut, Marie menjabarkan motivasi sekaligus kiat untuk merapikan barang-barang di rumah.
Menurut Marie, barang yang tak terpakai lagi sebaiknya disingkirkan atau diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Dengan demikian maka kamu sudah berbuat hal baik sekaligus mewujudkan kondisi rumah yang nyaman. Salah satu kebiasaan unik yang Marie lakukan adalah selalu memegang barang yang akan dikeluarkan dari rumah sambil tersenyum dan mengucapkan terimakasih. Sungguh unik, ya.
Kemampuan Marie memotivasi orang-orang untuk membereskan rumah membuat ia terpilih sebagai salah satu sosok paling berpengaruh di tahun 2015 versi majalah Times. Ternyata cerita motivasi yang mengubah dunia tak hanya bisa diwujudkan lewat sesuatu yang besar. Karena hal-hal kecil yang dilakukan dengan kesungguhan hati pun akan membuahkan hasil yang manis. Kalau Marie Kondo bisa, tentu kamu pun bisa!

0 comments