Mengenai Masalah PCOS dan Kehamilan, Mungkinkah Dilakukan

Tidak ada satu wanita pun yang ingin sakit, apalagi penyakit yang membuatnya kemungkinan besar tidak bisa menghasilkan keturunan. Itulah yang terjadi pada penderita Polycystic Ovarian Syndrome, atau yang lebih sering disingkat PCOS. Penyakit ini adalah gangguan pada hormon reproduksi, dan wanita yang mengalami sindrom ini ovariumnya lebih besar karena adanya pertumbuhan folikel atau kista di dalamnya. Inilah kenapa hubungan Masalah PCOS dan kehamilan sangat erat, karena penderitanya akan sulit hamil.

Namun bukan berarti wanita dengan PCOS tidak bisa mempunyai anak sama sekali. Ada beberapa persiapan yang bisa dijalankan, seperti:

Mengenai Masalah PCOS dan Kehamilan

- Terapi untuk insulin
Dokter biasanya akan menyarankan terapi yang meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga menstruasi jadi normal dan lebih mudah hamil.
•    Mengurangi berat badan
Hormon testosterone akan semakin meningkat jika wanita menderita obesitas, sehingga akan membuat indung telur menjadi sulit subur.
•    Makan makanan sehat
Makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah adalah makanan ideal agar wanita bisa berpeluang hamil. Contohnya adalah jus jeruk, jagung, pisang, dan makanan yang punya protein tinggi.

Masalah PCOS

Masalah PCOS
Menghindari stres juga mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi PCOS dan kehamilan. Karena jika Anda lebih neberima dan lebih tenang saat menjalani kehidupan sehari-hari meski mempunyai PCOS, peluang hamil akan meningkat hingga sampai 12%. Hal ini karena ketika stres, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol, yang akan membuat reproduksi jadi terganggu.

0 comments