Prosedur Transaksi Pengiriman Dana secara Internasional

Daftar Kode Bank juga dapat digunakan dalam transaksi pengiriman dana dari Bank pada negara yang berbeda dengan menggunakan fasilitas draft, SWIFT. Kemudahan dalam melakukan transaksi hingga keluar negeri saat ini harus turut menyertakan SWIFT code dari Bank yang menjadi tempat tujuan.  Terdapat beberapa perbedaan antara kode Bank yang digunakan untuk melakukan transfer di Bank-Bank yang terdapat di Indonesia dengan kode Bank atau SWIFT Code yang digunakan untuk melakukan transfer internasional. Apa sajakah itu, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Prosedur Transaksi Pengiriman Dana secara Internasional


SWIFT Code adalah

SWIFT Code memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang kelancaran berbagai transaksi antar Bank secara internasional, kode Bank ini dapat digunakan untuk melakukan transfer dari satu negara ke negara lainnya. Artinya Anda dapat mengirim maupun menerima transfer dana yang berasal dari atau ke luar negeri dengan menggunakan kode tersebut, jika Anda akan mentransfer sejumlah dana dari luar negerti ke Indonesia maka sedah dipastikan SWIFT Code dari bank tujuan transfer akan ditanyakan. Kode tersebut diperlukan untuk melakukan verifikasi transaksi yang dilakukan dengan media transfer bank ataupun dengan menggunakan kartu kredit. Pada umumnya proses transfer ke luar negeri dapat dilakukan dalam valuta asing dengan disertai catatan kurs di Bank Indonesia yang dimiliknya. Swift sendiri merupakan kepanjangan dari Society for World wide Interbank Financial Telecommunications.

SWIFT Code adalah


SWIFT sering diidentikan dengan terminologi BIC atau Bank Identifier Code. Bukan hanya transfer uang SWIFT juga dapat berperan sebagai media yang akan mengirimkan berbagai dokumen transaksi dari Bank satu ke Bank yang lainnya, untuk semua bank yang berada di dunia. Dalam pengiriman dokumen tersebut juga disertai dengan penuliasan identitas lengkap berupa penerima surat serta pengirim surat tersebut pada sampul surat.

Melakukan transaksi dengan menggunakan SWIFT memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunannya. Selain lebih praktis dan mudah fasilitas ini juga dinilai sebagai media transaksi yang aman dan juga cepat Anda juga dapat memastika sudah masuk atau belum dana tersebut pada rekening dengan malakukan pengecekan pada mesin ATM.

Baca Juga : Perkembangan Reksadana Syariah yang Perlu Diketahui

Prosedur Pengiriman

Sama seperti kode Bank yang berada di Indonesia, setiap Bank pada masing-masing negara mempunyai SWIFT Code yang berbeda-beda hanya saja jika pada Bank-bank yang berada di Indonesia menggunakan kode Bank dalam bentuk angka sedangkan SWIFT Code mengunakan kode unik dalam bentuk hurup. Pada umumnya kode terdiri dari delapan karakter, namun ada juga yang terdiri dari sebelas  karakter. Dalam melakukan transaksi antar Bank dalam cangkupan yang lebih luas ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah prosedur transfer.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan kebenaran SWIFT Code Bank tujuan, Setelah itu Anda dapat melakukan transfer ke luar negeri dalam bentuk uang mata uang rupiah dengan dasar kurs jual Bank yang berlaku, nantinya penerima akan mendapatkan uang tunai dalam bentuk mata uang rupiah dengan kurs beli Bank yang berlaku. Selain itu bentuk setoran lainnya yang diperbolehkan adlah dalam bentuk Valuta asing ex Giro dan Bank Notes. Pada tunai valuta asing atau bank notes pembayaran terhadap penerima dapat dilakukan selama Bank memiliki persediaan, taplus rupiah ataupun giro valuta asing. Transfer yang masuk dari luar negeri bisa berupa telegrafic transfer, draft dan payment order. Adapun beberapa hal yang perlu Anda isi adalah meliputi Nama Bank, Nama, Nomor Rekening, SWIFT Code dan alamat cabang Bank tempat membuka rekening.

Baca Juga : Bunga KPR BTN Turun Membuat Orang Senang

Daftar Swift Code

Berikut ini adalah daftar kode Bank atau SWIFT Code, pada berbagai Bank di Indonesia diantarnya adalah:


SWIFT Code

Nama Bank
BSMDIDJA
Bank Syariah Mandiri
BEIIIDJA
Bank Mandiri
MEGAIDJA
Bank Mega
BKCHIDJA
Bank of China
CICTIDJA
Bank Century Intervest Corp International
BEXIIDJA
Bank Ekspor Indonesia
BICNIDJA
Bank Commonwealth
SUNIIDJA
Bank Sumitomo Mitsui Indonesia
MBBEIDJA
Bank Maybank Indocorp
EKONIDJA
Bank Ekonomi Raharja
FINBIDJA
Bank Finconesia
AWANIDJA
Bank Kesawan
CTCBIDJA
Bank Chinatrust Indonesia
DBSBIDJA
Bank DBS Indonesia
HVBKIDJA
Woori Bank Indonesia
OCBCIDJA
Bank OCBC Indonesia
SAINIDJA
Bank UFJ Indonesia
BTANIDJA
Bank BTN
BBBAIDJA
Bank Permata
SWBAIDJA
Bank Swadesi
HSBCIDJA
HSBC
INDOIDJA
Bank Indonesia
MHCCIDJA
Bank Mizuho Indonesia
PINBIDJA
Pan Indonesia Bank
IBBKIDJA
Bank Internasional Indonesia
RABOIDJA
Bank Rabobank International Indonesia
DEUTIDJA
Deutsche Bank AG
NISPIDJA
Bank NISP
BDINIDJA
Bank Danamon
BKKBIDJA
Bangkok Bank
CENAIDJA
BCA
BNINIDJA
BNI
BRINIDJA
BRI
BNIAIDJA
Bank CIMB Niaga
BNPAIDJA
Bank BNP Paribas Indonesia
BBUKIDJA
Bank Bukopin
BPIAIDJA
Bank Resona Perdania

Demikianlah informasi mengenai Daftar kode Bank yang dapat digunakan untuk transaksi secara internasional atau SWIFT Code, semoga dapat bermanfaat.

0 comments