Memaksimalkan Fungsi Keluarga dengan Berkualitas

Memaksimalkan fungsi keluarga dengan berkualitas - Berbicara mengenai keluarga, unit sosial terkecil dari masyarakat ini memegang peranan yang sangat penting bagi seseorang dalam kehidupannya. Fungsi keluarga yang paling utama adalah fungsi sosialisasi, atau penanaman nilai dan norma dalam masyarakat.

Fungsi Keluarga dengan Berkualitas
Orang tua mengajarkan banyak hal mengenai kehidupan bermasyarakat, hingga akhirnya apa yang anak peroleh dalam keluarga akan menentukan kepribadiannya. Apabila keluarga berhasil melakukan sosialisasi yang sempurna, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat. Keluarga sendiri selain sebagai tempat sosialisasi pertama, juga memiliki banyak fungsi lainnya yaitu:

1. Fungsi afeksi
Keluarga harus memberikan rasa sayang dan perhatian kepada anak dengan tulus dan ikhlas supaya anak tidak kekurangan perhatian.

2. Fungsi religius
Fungsi keluarga dalam hal ini adalah mengajarkan anak untuk berhubungan dan mengenal Tuhannya. Misalnya, orang tua membiasakan anaknya untuk sholat dan mengaji sejak kecil.

3. Fungsi perlindungan
Keluarga berfungsi untuk memberikan rasa aman atau perlindungan kepada anggota-anggotanya.

4. Fungsi pengawasan
Dengan adanya keluarga, perilaku setiap anggota keluarga dapat diawasi. Apabila menyimpang maka keluarga berfungsi untuk mengarahkannya kembali ke jalan yang benar.

5. Fungsi reproduksi
Keluarga memiliki fungsi untuk meneruskan keturunan yang nantinya akan menjadi generasi penerus dari bangsa ini.

6. Fungsi ekonomis
Keluarga menjamin kebutuhan anggota keluarganya tercukupi, baik sandang, pangan,  papan, atauun pendidikan anak.

Fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik apabila suasana keluarga harmonis. Salah satu cara mengoptimalkan fungsi tersebut adalah dengan melakukan quality time. Quality time sangat penting untuk dilakukan.Antar anggota keluarga bisa saling bertukar pikiran, perasaan, dan membuat keluarga anda semakin harmonis. Salah satu cara untuk mengisi quality time adalah dengan minum teh bersama keluarga.

Minum teh bisa dilakukan sambil duduk-duduk di depan rumah, di ruang keluarga, atau di taman. Ada banyak teh yang bisa diseduh untuk anda nikmati bersama keluarga. Dari sekian banyak teh tersebut, Sariwangi telah dipercaya puluhan tahun oleh keluarga Indonesia untuk menemani moment istimewa dengan keluarga sehingga fungsi keluarga bisa optimal. Secangkir teh Sariwangi akan menciptakan kehangatan di keluarga Anda.

0 comments