Tips Cerdas Mencegah Penyakit Cacing Pada Anak

Tips Cerdas Mencegah Penyakit Cacing Pada Anak - Pada dasarnya ada beberapa penyakit yang acap kali membuat setiap orang tua merasa khawatir akan kondisi kesehatan anaknya mulai dari penyakit diare, flu dan batuk hingga penyakit cacing atau yang lebih dikenal sebagai cacingan. Cacingan merupakan satu jenis penyakit yang disebabkan kurang memperhatikan kebersihan, tidak tahu cara cuci tangan yang baik sebelum mengkonsumsi  makanan dan hal yang lainnya.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit cacing pada anak, maka sebagai orang tua yang baik, kita harus membimbing dan memperkenalkan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan khususnya supaya terhindar dari penyakit cacingan.
Tips Cerdas Mencegah Penyakit Cacing Pada Anak
Bagi anda yang peduli akan kesehatan anak khususnya agar anak anda terhindar dari penyakit cacingan, sebaiknya anda mulai menerapkan kebiasaan baik yang harus dilakukan oleh anak. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat dijadikan sebagai referensi bagi anda sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak dari penyakit cacing.

Cuci tangan sebelum makan

Tips yang pertama yang dapat anda ajarkan kepada anak anda adalah cara cuci tangan yang benar yang baik dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal tersebut sangatlah penting untuk mencegah supaya anak anda terhindar dari penyakit cacingan dimana penyakit cacing akan muncul saat anak makan dalam kondisi tangan yang kotor yang biasanya terdapat bakteri, kuman atau bahkan cacing yang dapat masuk kedalam perut dan berkembang biak didalam perut yang menjadi penyebab penyakit cacingan.

Gunakanlah alas kaki

Membiasakan anak supaya selalu menggunakan alas kaki saat keluar rumah adalah pencegahan yang cukup efektif dimana seperti yang kita ketahui berbagai jenis cacing dapat masuk dengan berbagai macam cara dan salah satunya melalui kaki dimana larva cacing akan masuk menembus kulit kaki.

Gunting kuku

Tips selanjutnya adalah dengan selalu rutin membersihkan kuku baik pada tangan dan juga kaki, hal tersebut diperuntukkan agar menghindari penyebaran cacing yang berasal dari kotoran yang dapat masuk dari kuku.

Rutinlah mengkonsumsi obat cacing

Tips terakhir adalah dengan memberikan obat cacing minimal 6 bulan sekali pada anak. Hal tersebut ternyata mampu mencegah penyakit cacing pada anak.

Baca juga :

Sekian dari saya seputar tips cerdas mencegah penyakit cacing pada anak semoga bisa bermamfaat bagi anda terima kasih sudah menyimak artikel ini.

0 comments