3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggunakan Kartu Kredit

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggunakan Kartu Kredit - Jika anda mengerti cara pintar memanfaatkan kartu kredit dengan benar, maka kartu kredit ini tidak akan membebani anda di kemudian hari. Memiliki kartu kredit seringkali membuat pemiliknya lupa diri dan tidak menyadari keadaan keuangan yang sesungguhnya, sehingga tidak dapat mengontrol keinginan untuk belanja yang pada akhirnya anda terjerumus ke lembah utang yang semakin dalam. Kartu kredit merupakan produk modern yang diciptakan untuk mempermudah bertransaksi tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pengguna kartu kredit juga akan mendapatkan berbagai kemudahan seperti mendapatkan potongan harga dan fasilitas cicilan ringan. Agar anda tidak mengalami hal yang merugikan akibat salah menggunakan kartu kredit, berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan:

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menggunakan Kartu Kredit

1.Tetapkan anggaran anda

Hal pertama yang sangat penting adalah anda harus menetapkan anggaran belanja tiap bulan. Sesuaikan anggaran belanja anda dengan jumlah pemasukan, jika pendapatan anda mencapai 10 juta, maka anda bisa menyisihkan Rp. 4 juta untuk ditabung dan sisanya bisa anda belanjakan untuk keperluan penting, termasuk dengan menggunakan kartu kredit. Dari penetapan anggaran ini, anda bisa menentukan limit penggunaan kartu kredit agar keuangan anda tetap terjaga.

2.Pahami syarat dan ketentuan kartu kredit

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, maka anda tentu harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan dengan teliti. Seperti adanya bunga dalam tagihan, hal tersebut seringkali dianggap sebagai biaya siluman bagi orang yang tidak memahami aturannya. Perhitungan bunga yang muncul dalam tagihan telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pihak bank. Selain itu, anda juga harus mengetahui besaran biaya tambahan yang harus dibayarkan seperti adanya denda atas keterlambatan, biaya penarikan tunai dan lain-lain.

3.Usahakan untuk membayar penuh

Agar aliran keluar-masuk uang dalam rekening tetap lancar, anda harus selalu mengusahakan untuk membayar penuh tagihan setiap bulan, meskipun ada pilihan untuk membayar minimum tagihan sebesar 10% dari total tagihan. Namun pembayaran minimum hanya akan menyebabkan jumlah tagihan anda menjadi lebih besar pada bulan berikutnya, karena ada bunga yang jika dihitung-hitung jumlahnya cukup besar.

Baca juga : Prosedur Transaksi Pengiriman Dana secara Internasional

Itulah 3 hal yang harus anda lakukan agar penggunaan kartu kredit tidak menjadi beban di kemudian hari. Dengan demikian, anda akan semakin memahami cara pintar memanfaatkan kartu kredit dengan bijak.

0 comments