Beberapa Prosedur Cek Alergi Anak Secara Efektif

Beberapa Prosedur Cek Alergi Anak Secara Efektif -Ada baiknya orangtua melakukan cek alergi anak sejak dini untuk mengetahui apakah anak memiliki allergen atau tidak. Tes untuk mengetahui adanya alergi atau tidak pada anak sangat bermanfaat untuk menghindari allergen. Sekaligus membantu untuk menemukan penanganan dan obat-obatan yang tepat dalam mengatasi alergi saat muncul.

Dalam ilmu kesehatan tes untuk mengetahui anak memiliki sifat alergi atau tidak bisa dilakukan dengan beberapa macam tes.
Prosedur Cek Alergi Anak Secara Efektif

Bagi para orangtua yang ingin memastikan anak tidak memiliki masalah alergi maka beberapa tes alergi berikut bisa dilakukan untuk mendapatkan kepastian:

Tes tusuk kulit,
Tes tusuk kulit ini disebut dengan istilah Skin Prick Test yang prosedurnya memasukkan zat khusus dengan alat suntik yang dibuat khusus. Sehingga selama menjalani prosedur tidak ada darah yang keluar maupun rasa sakit sehingga nyaman bagi bayi. Tes ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah bayi alergi pada makanan, udara, dan lain sebagainya.

Tes tempel,
Tes tempel dalam dunia kedokteran disebut juga sebagai Patch Test, tujuannya untuk mengetahui adanya alergi pada kontak dengan bahan kimia tertentu. Tes ini bermanfaat untuk mengetahui apakah anak memiliki alergi pada jenis obat-obatan tertentu. Tes ini cukup sederhana hanya menempelkan beberapa bahan kimia kepada kulit di area punggung. Tes ini diberikan kepada anak yang minimal berusia 3 tahun dan hasilnya terlihat setelah 48 jam. Ada beberapa prosedur yang tidak boleh dilanggar agar hasil tes akurat, seperti anak tidak boleh mandi dan menggunakan obat luar jenis apapun sebelumnya.

Baca juga: Awas, Mengenai Bius Sementara Kecil Dapat Bahayakan Daya Ingat anak

Tes RAST, 
RAST merupakan kependekan dari Radio Alergo Sorbent Test yang bertujuan untuk mengetahui apakah anak alergi pada allergen hirup dan juga makanan. Tes alergi satu ini bisa dilakukan kepada anak-anak di rentan usia berapapun. Sebab perlu mengambil sample darah sekitar 2 cc untuk kemudian dicek menggunakan komputer khusus. Hasil pemeriksaan akan bisa didapatkan setelah menunggu sekitar 4 jam atau lebih sesuai kebutuhan tim dokter. Maka dari itu banyak cara cek alergi anak dalam bentuk apapun sebaiknya dikerjakan oleh tenaga ahli.

1 comments