5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop, Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang. Fungsi dari laptop itu sendiri pun sangat beragam. Baik untuk menunjang fasilitas pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa, alat untuk mendesain sebuah media promosi, hingga sarana penunjang usaha/wirausaha yang mungkin sedang kamu rintis.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Laptop

Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang. Fungsi dari laptop itu sendiri pun sangat beragam. Baik untuk menunjang fasilitas pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa, alat untuk mendesain sebuah media promosi, hingga sarana penunjang usaha/wirausaha yang mungkin sedang kamu rintis.

Beberapa orang pasti masih awam untuk menentukan laptop seperti apa yang harus mereka beli sebagai sarana penunjang kegiatannya. Setiap laptop memiliki spesifikasi penyimpanan data dan fitur-fitur spesial yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan lima hal berikut pada saat membeli laptop.

1. Sesuaikan dengan budget

Sebelum membeli laptop ada baiknya jika kamu mencari beberapa informasi terlebih dahulu mengenai spesifikasi dan harga laptop yang ingin kamu beli dan sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang kamu miliki sehingga tidak akan ada penyesalan di akhir nanti ketika kamu telah membeli laptop tersebut.

2. Perhatikan processor dan kapasitas RAM

Pilihlah laptop yang processor dan kapasitas RAMnya sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hanya menggunakan laptop itu untuk aktivitas yang ringan seperti mengetik paper dan membuat presentasi, kamu bisa memilih laptop dengan processor intel atau AMD dengan kapasitas RAM 2 GB. Namun, jika kamu adalah seorang mahasiswa desiain grafis atau membuka usaha yang bergerak di bidang desain grafis, disarankan untuk membeli laptop dengan ukuran layar yang lebar dan memiliki resolusi 1600 x 900, memiliki graphic card terpisah seperti keluaran Nvidia GeForce dan ATI Radeon dengan memori minimal 1 GB atau 2 GB, serta memiliki processor Intel Core Series dengan tingkat GHz yang tinggi yakni 2,4 GHz, 2,6 GHz, dan sebagainya.

3. Pilihlah laptop yang hemat baterai

Laptop yang hemat baterai akan mempermudah kamu dalam beraktifitas di luar ruangan. Oleh karena itu, pilihlah laptop yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama mengingat tidak semua tempat memiliki sarana yang lengkap.

4. Pertimbangkan berat dan ukuran laptop

Pertimbangkanlah berat dan ukuran laptop sesuai dengan kebutuhan aktivitasmu. Jika kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa, sebaiknya kamu memilih laptop yang tidak terlalu berat untuk dibawa karena beban laptop ditambah buku yang kamu bawa di  dalam tasmu akan berdampak pada kesehatan tubuhmu juga.

5. Pilihlah laptop dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah laptop dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti yang telah dijelaskan pada tips nomor dua, kamu harus memilih laptop yang bisa menunjang kegiatanmu. Jika kamu hanya menggunakan software yang ringan kamu bisa memilih laptop dengan processor intel atau AMD dengan kapasitas RAM 2 GB. 

Namun, jika kamu menggunakan software desain grafis yang cukup berat penggunaannya, belilah laptop yang dilengkapi dengan fitur Nvidia GeForce dan ATI Radeon dengan memori minimal 1 GB atau 2 GB seperti laptop Acer Aspire E5-471G. Kamu bisa membeli laptop Acer murah terbaik secara online di online shop terlengkap MatahariMall.

0 comments