Cara Membersihkan Sepatu Basket

Sepatu basket memang menjadi bagian terpenting para pemainnya. Dengan menggunakan sepatu ini tentu saja langkah menjadi lebih mudah dan juga menghindari cedera pada kaki saat berlari. Namun apabila tidak perhatikan sepatu ini akan menjadi sangat kotor dan bau. Hal ini karena sering kali pada bagian luarnya terkena kotoran dan tanah. Sedangkan pada bagian dalamnya terkena keringat. Untuk itu apabila tidak rutin dibersihkan mungkin saja akan menyebabkan bau kaki dan masalah lainnya yang menyerang. Apabila sudah seperti ini langkah yang dapat dilakukan dengan membersihkan sepatu tersebut. Ada baiknya gunakan beberapa cara dari genterist di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan Anda.

Adapun cara yang sebaiknya dilakukan yaitu:

1. Sikat atau spon
Anda bisa mulai membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi atau pun spon. Cara ini dilakukan dengan maksud dapat menjangkau pada bagian tersempit pada bagian sepatu. Sehingga diharapkan sepatu akan menjadi lebih bersih sempurna. Dalam membersihkannya bisa dibantu dengan air hangat yang sudah dicampur sabun. Dengan demikian akan lebih efektif membersihkan kotoran yang membandel.

2. Keringkan dengan lap kering
Apabila sudah dibersihkan menggunakan sikat gigi atau spon ke seluruh bagian. Pastikan untuk mengeringkan menggunakan lap yang kering dan halus. Cara ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan jamur yang bersarang. Sehingga dalam jangka waktu yang lama hanya akan menyebabkan kerusakan pada sepatu. Jika sudah seperti ini tentu saja tidak dapat digunakan kembali sepatu tersebut. Hal yang ditakutkan menyebabkan kemungkinan sepatu menjadi tidak kuat saat digunakan dalam waktu yang lama.

3. Lepaskan sol atau bagian alas sepatu
Untuk memaksimalkan upaya pembersihan sepatu basket yang digunakan usahakan untuk melepaskan bagian alas sepatu atau sol nya. Dengan melepaskannya akan membantu untuk membersihkan sepatu tersebut. Cara membersihkannya bisa dengan membasahinya dengan air sabun dan menyikatnya dengan merata ke seluruh bagian sepatu. Apabila hal ini dilakukan segera bilas hingga bersih ke seluruh bagian. Segera untuk menjemurnya dengan cara diangin-anginkan saja.

4. Semir bagian punggungnya
Pilih semir yang sesuai dengan warna sepatu. Namun apabila Anda tidak menemukannya bisa memilih dengan jenis yang bening saja. Tujuan menggunakan semir dengan meratakan ke seluruh bagian adalah membuat sepatu tampak lebih terlindungi. Sehingga akan membantu dalam membuat sepatu tersebut tampak lebih baru. Mulailah untuk memaksimalkan cara ini agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.

5. Oleskan olive oil berkilau
Anda bisa menambahkan olive oil untuk membuatnya lebih mengkilat dan tidak mudah pecah. Sedikit informasi untuk Anda bahwa sepatu yang terkena panas dan hujan secara bergantian dan terus menerus. Mungkin saja akan mengalami masalah yang sering kali dirasakan kurang nyaman yaitu pecah-pecah dan juga mudah rontok bagian kulitnya. Biasanya hal ini bisa terjadi apabila jenis kulitnya dari bahan sintetis.

6. Berikan bedak bagian alasnya
Jika Anda sudah mencuci bagian alasnya sehingga lebih bersih dan kering. Tentu saja silahkan berikan bedak tabur di bagian atasnya. Dengan demikian hasilnya akan mendapatkan kemudahan dalam menghindari bau kaki. Namun pada pemakaian bedak ini bisa diberikan dengan tipis saja. Sering mencuci kaki dan memilih jenis sepatu tersebut dengan bentuk yang memiliki pori-pori pada bagian kakinya. Pastilah akan dirasakan menjadi lebih nyaman dan keamanan dari sepatu basket tersebut menjadi lebih terjaga dengan baik.


0 comments