Cara Ampuh Mencegah Penyakit Disentri

Indonesia termasuk kedalam golongan negara yang beriklim tropis berarti Indonesia hanya mengenal dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Berbeda dengan yang beriklim subtropis yang memiliki 4 musim.  Tentunya sangat nyaman tinggal di negara yang beriklim tropis, tapi jangan lupa memikirkan tentang kesehatan juga, banyak penyakit yang bisa menyerang orang yang tinggal di iklim tropis ini atau lebih khusunya di Indonesia. Disentri lah yang merupakan penyakit yang umum terjadi, penyakit ini bisa muncul setiap tahun di indonesia.

Tapi apakah yang dimaksud penyakit disentri tersebut ? disentri merupakan infeksi pada usus yang dapat menyebabkan diare yang disertai lender atau darah, dan frekuensi diarenya juga terjadi lebih sering dari biasanya. Lalu apakah penyebab dari penyakit ini? Kurang lebih ada 2 jenis serta penyebab penyakit disentri ini,

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Disentri

yang pertama adalah Disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella.
Dan yang keuda yaitu Disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) bernama Entamoeba histolytica. Jenis disentri ini biasanya ditemukan di daerah tropis.

Penyakit ini bisa menyerang karena lingkungan sekitar  yang kotor, makanan yang terkontaminasi oleh kotoran pengindap atau pun makanan yang tidak steril, jarangnya mencuci tangan ketika habis melakukan kegiatan. Namun  penyakit ini sebenarnya tidak terlalu serius tidak semua yang terjangkit penyakit ini perlu ke dokter, penyakit ini biasanya bisa pulih dengan sendirinya, tapi bila sudah parah artinya bila diperhatikan selama 24 sering diare segeralah konsultasi dengan dokter.

Penyakit disentri ini pada umumnya penyerang kepada anak-anak yang memiliki kegiatan yang cukup banyak ataupun yang terlalu aktif, karena kurangnya pengawasan jadi kebersihan apa yang dimakan  serta lingkungan tempat main pun tidak terkontrol.

Baca Juga : Ternyata Bawang Putih Bisa Menyembuhkan Pilek Loh Baca Artikelnya

Tapi jangan khawatir banyak cara yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit ini :

1. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah beraktifitas,
2. Mencuci tangan sebelum makan,
3. Pastikan makanan yang akan anda santap itu steril
4. Membersihkan toilet,
5. Jangan memmakai peralatan mandi yang sama dengan pengidap.

Pokoknya karena penyakit ini umum yang berarti akan menyerang siapa saja yang kebersihannya tidak terjaga. Yang terpenting adalah jada kebersihan jangan lupa untuk mencucitangan setelah melakukan kegiatan, perhatikan juga anak-anak karena anak lebih rentan terkena penyakit ini.

0 comments