Tata Cara Manasik Umroh Lengkap Menurut Ajaran Rosul

Tata Cara Manasik Umroh Lengkap Menurut Ajaran Rosul- Anda berencana untuk umroh ? tentunya umroh adalah salah satu ibadah yang sangat di idamkan bagi umat muslim selain haji. Tapi sebelum anda mendaftarkan diri anda ke bergabai travel umroh, anda harus perhatikan dulu layanan yang disediakan travel tersebut, biasanya ada yang menyediakan pelayanan manasik umroh lengkap dan tidak.

Tapi apa itu manasik? Manasik biasanya disebut juga sebagai gladi resik ataupun latihan melaksanakan ibadah umroh sebelum keberangkatan, jadi  anda akan diberi tahu kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh.  Nah bagaimanakah rincian yang lengkap mengenai manasik umroh, didalam manasik umroh nanti anda akan melaksanakan beberapa kegiatan sebagai berikut :

1. Ihram umroh di Miqat

Ihram umroh di Miqat

Nanti dalam rukun ini bilamana laki-laki, akan menggunakan pakaian ihram berupa 2 potong kain yang tidak di jahit, sedangkan bagi wanita memakain baju gamis dan kerudung.
ketika umroh, rukun ini akan dilaksanakan di Miqat tempat dimana anda akan berniat ihram, bilamana anda tidak Jika Anda melewatinya tanpa berihrom, umroh Anda akan tetap sah, namun Anda punya kewajiban untuk membayar dam (denda) dengan cara menyembelih seekor kambing di Mekkah.

2. Tawaf

Tawaf

Selanjutnya adalah Tawaf, makna tawaf adalah menjaga hati agar selalu ingat ALLoh dimanapun kita berada. Nanti anda akan diajari bagaimana cara melakukan tawaf, tawaf adalah mengelilingi kabah selama 7 kali, anda harus melakukan tawaf di ka’bah sebanyak tujuh putaran dan dimulai dari Hajar Aswad sambil terus berdo’a hingga menyelesaikan tujuh putaran tepat di depan Hajar Aswad.

3. Sa’i

Dan setelah anda melakukan tawaf selanjutnya adalah sa’i, sa’i adalah lari-lari kecil antara bukit shafa dan marwa. Nanti dalam manasik anda akan dibimbing bangai mana cara melakukan sa’i tersebut, anda nanti setelah keluar dari masjidil Haram langsung naik kebukit shafa sambil menghadap kiblat, lalu sambil membaca tahmid takbir sebanyak tiga kali angkat tangan anda, kemudian Kemudian, turun dan lakukan rangkaian Sa’i sebanyak tujuh kali dari Shafa ke Marwah dengan berjalan cepat diantara tanda hijau, serta berjalan biasa sebelum tanda tersebut ada. Saat tiba di atas Bukit Marwah, bacalah takbir dan tahmid sebanyak tiga kali.

4. Tahallul 
Tahallul memotong rambut sebagian atupun sampai gundul, anati biasanya disana tersedia tukang cukur , bagi wanita cukup memotong sebagian kecir rambut anda dengan gunting.


Itulah manasik umrah yang sesuai dengan ajaran yang diberikan oleh Rosul kita Nabi Muhammad SAW, anda harus  mengikuti langkah-langkah di atas dengan urut ga boleh  dibolak-balik  karena sudah menjadi syarat syah ibadah umroh.

0 comments