Beli Handphone di Toko Handphone Online? Ikuti Kiat Berikut Ini

Di zaman serba teknologi ini, hampir semua manusia baik secara langsung maupun tidak langsung telah memanfaatkan teknologi dalam kesehariannya. Kini teknologi telah memasuki semua aspek kehidupan mulai dari aktivitas sederhana seperti pekerjaan rumah, hingga urusan pekerjaan ataupun bisnis. Salah satu yang kini sedang populer adalah adanya toko online yang menjamur. Tak hanya membeli baju, kosmetik atau sepatu, namun kini banyak orang yang tidak ragu untuk membeli barang elektronik seperti handphone di toko handphone online.

Handphone merupakan barang dengan harga yang tidak murah sehingga diperlukan kecermatan tersendiri bagi konsumen yang ingin membeli lewat online. Hal ini lantaran pembeli tidak mengetahui dan tidak mengenal penjual sehingga kemungkinan penipuan selalu ada. Meskipun kini banyak toko online handphone android yang menawarkan jaminan, garansi dan lain sebagainya, namun rasa was-was di hati pembeli tetap bisa saja timbul.

Tak hanya beresiko penjual tiba-tiba kabur, namun bisa saja barang yang Anda inginkan tidak sesuai dengan kesepakatan pembelian atau mendapatkan barang cacat atau bahkan barang rusak selama pengiriman. Alasan-alasan tersebut sebetulnya masuk akal karena antara penjual dan pembeli tidak melakukan kontak secara langsung. Namun berbagai resiko tersebut hanya bisa terjadi apabila Anda membeli di toko handphone online abal-abal atau penipu. Melihat banyaknya fenomena tersebut, maka berikut ini ada beberapa kiat-kiat yang bisa Anda terapkan demi mendapatkan toko online handphone yang terpercaya sehingga terhindar dari penipuan:

- Pertama, Anda harus bisa lebih teliti dan mengetahui dengan siapa Anda melakukan transaksi. Hal ini penting untuk menghindari kedok penipuan. Anda harus memastikan informasi penjual mulai dari nomor kontak, alamat penjual media sosial toko dan juga penjual, bahkan jika perlu, Anda bisa minta bukti tanda pengenal penjual.
- Untuk Anda penyuka diskon dan barang murah, maka harus lebih cermat lagi. Hal ini karena penipuan umumnya diawali dari promosi barang dengan harga murah, bahkan hingga setengah harga handphone di pasaran. Untuk itu pastikan untuk melakukan survey terlebih dahulu tentang harga pasaran handphone yang Anda inginkan sehingga tidak terjebak dalam harga yang terlalu murah yang berujung penipuan, atau bahkan harga yang terlalu mahal dan merugikan Anda.
- Anda harus pastikan agar toko tempat Anda membeli handphone android tersebut memiliki customer service yang selalu siap sedia dalam membantu Anda. Toko online profesional dan terpercaya selalu memiliki customer service yang sigap dalam menjawab pertanyaan konsumennya.
- Cek juga ke forum-forum jual beli handphone online di dunia maya agar Anda tahu rekomendasi toko online terpercaya. Selain itu Anda juga bisa melihat dari rating, review dan juga testimoni dari toko tersebut.
- Cek kembali cara pembayaran yang diminta, apakah transfer atau COD. Jika memungkinkan, lebih baik memilih COD dalam pembayaran sehingga Anda bisa bertemu penjual untuk membayar dan mengambil secara langsung barang pesanan Anda.

Pastikan untuk menanyakan garansi dan juga ketentuan pengembalian barang apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan. Itulah beberapa kiat yang perlu Anda terapkan untuk bisa berbelanja di toko handphone online secara lebih aman. Dengan mengikuti kiat tersebut, maka diharapkan Anda bisa terbebas dari penipuan di dunia maya. Usahakan agar lebih cermat dan teliti dalam segala transaksi dan jadilah pembeli yang cerdas.

Toko Handphone Online

0 comments