5 Bentuk Perawatan Micro SD yang Wajib Dilakukan Secara Rutin Agar Tetap Bisa Awet

Proses menyimpan data di handphone, laptop, dan sejenisnya tentu akan memerlukan ruang penyimpanan tambahan yakni micro SD. Istilah micro ini memang lebih familiar dijumpai pada perangkat handphone pintar karena memerlukan slot yang lebih kecil. Handphone masa kini biasanya sudah memakai sistem micro baik untuk kartu memori maupun kartu provider yang dipasang ke dalam badannya. Tentunya dengan ukuran yang lebih mungil justru yang jual micro sd meningkatkan kelebihan yang dimiliki media penyimpanan ini. 

Pilihan kartu memori untuk handphone terbilang sangat beragam, sama beragamnya dengan pilihan handphone yang ada di pasaran. Usahakan memilih yang terbaik bisa dilihat dari class kartu memori tersebut dimana semakin tinggi maka semakin baik dan berkualitas. Sayangnya menjadi lebih mahal, sehingga perlu dipertimbangkan dan untuk memperoleh harga terbaik bisa membandingkan harga di toko online maupun toko aksesoris dekat rumah. Pintar memilih kartu memori menjadikannya lebih awet dan tahan banting. 

Perawatan Terbaik untuk Kartu Memori 

Namun jangan lupa memberikan perawatan sesuai aturan supaya kartu memori ini benar-benar bisa digunakan untuk waktu yang lama. Adapun perawatan yang bisa diberikan meliputi: 

5 Bentuk Perawatan Micro SD yang Wajib Dilakukan Secara Rutin Agar Tetap Bisa Awet


- Eject dulu sebelum dilepas,
Sama seperti ketika menggunakan USB Flashdisk, sebelum memori ini dilepaskan dari badan handphone baiknya di¬-eject dulu. Anda bisa menemukan menu ini di pengaturan supaya bisa menonaktifkan kartu memori dulu sebelum dilepaskan. Kalau dilepas secara paksa maka rentan mengalami error sehingga data di dalamnya bisa hilang atau rusak. 

- Tidak terlalu sering memindahkan kartu memori, 
Aktif memakai handphone dan perangkat digital lain usahakan meminimalisir kemungkinan memindahkan micro SD terlalu sering. Sebab ketika kartu penyimpanan ini sering dipindah-pindah maka dikhawatirkan ada gesekan yang membuatnya error. Data yang tersimpan di dalamnya bisa menjadi error, corrupt, atau mungkin malah hilang sama sekali. Anda tentu tidak menghendakinya maka kurang kemungkinan memindahkan kartu penyimpanan data ini apabila memang tidak mendesak. 

- Selalu menggunakan card reader berkualitas, 
Opsional yang terbilang aman untuk memindahkan data adalah menggunakan card reader yang bentuknya mirip dengan Flashdisk. Namun jangan asal memilih card reader pastikan mutunya baik supaya tidak mudah menjadi panas. Ketika suhu card reader ini naik secara otomatis akan mempengaruhi kualitas kartu memori yang diselipkan ke dalamnya. Berbeda jika memakai produk berkualitas biasanya awet dan tidak lekas panas meskipun ditancapkan lebih lama ke komputer karena memindahkan banyak data penting. 

Baca Juga Headset Murah dan Tips Tepat Ketika Ingin Membelinya

- Bersihkan dengan antivirus secara teratur, 
Kartu penyimpanan data di handphone juga mudah terserang virus ketika Anda tidak memperhatikan situs mana saja yang dikunjungi saat online. Bisa pula tertular virus melalui proses transfer data sehingga terjadi saat dihubungkan dengan perangkat yang sudah terkontaminasi. Baiknya melakukan scanning dengan aplikasi antivirus yang terdapat di handphone maupun komputer Anda. Proses ini menjamin kartu memori akan senantiasa bersih dan data-data di dalamnya aman dari virus. 

- Selektif memilih komputer yang akan dihubungkan, 
Transfer data atau kepentingan lain membuat kartu memori ini perlu dihubungkan dengan PC maupun laptop. Namun usahakan jangan sembarangan, pastikan perangkat yang akan dihubungkan dalam kondisi sehat bebas virus. Supaya tidak menular ke kartu penyimpanan ini sehingga semua data di dalamnya dalam kondisi aman. Hindari menghubungkannya dengan komputer di warnet, sebab dijamin virusnya jauh lebih banyak. Gunakan perangkat personal supaya micro SD tetap awet dan tahan lama. 

0 comments