Kiat Memilih Rak Buku yang Pas dan Sesuai

Menyimpan aneka macam koleksi buku perlu disusun sedemikian rupa agar terlihat rapi dan tidak berantakan. Karena itulah rak buku dibutuhkan sebagai salah satu jenis furniture penting di rumah yang harus Anda punya. Apalagi bagi Anda yang hobi membaca dan mengoleksi aneka macam jenis buku dari berbagai genre yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan rak yang pas dan tepat dalam menyimpan semua koleksi buku kesayangan di rumah, ikutilah beberapa kiat di bawah ini dalam menentukan pilihan, antara lain:

1. Ukur bagian ruangan yang akan dijadikan sebagai tempat rak.
Mengukur ruangan yang dijadikan sebagai tempat menyimpan rak berbagai koleksi buku kesayangan Anda sangatlah penting untuk memperoleh rak dengan ukuran yang pas. Mulai dari luas lantai hingga tinggi dinding atau langit-langit ruangan perlu diperhitungkan agar ukuran rak yang dibeli atau dipesan semakin pas dan tepat. Dengan demikian, Anda bisa mengantisipasi dan mencegah pemilihan rak yang ukurannya kurang pas, terlalu kecil ataupun terlalu besar karena ukuran ruangan sudah diperhitungkan sebelumnya.

Baca Juga Tips Kreasi Origami untuk Mendekorasi Ruangan Bermain Anak

2. Pilih bahan material rak.
Memilih material bahan untuk membuat rak sangatlah penting. Sebab, ada banyak bahan yang bisa dijadikan sebagai material rak dan masing-masing punya kualitas ataupun daya tahan yang berbeda satu sama lain. Beberapa contoh bahan yang dimaksud yaitu kayu, logam, kaca dan masih banyak lagi. Sebaiknya, pilihlah bahan material rak yang berkualitas, kokoh, daya tahannya kuat dan efektif untuk menunjang semua benda yang Anda simpan di dalamnya.

3. Perhatikan desain dan model rak.
Selain ukuran dan bahannya, Anda juga harus memilih desain dan model rak buku yang tepat. Hal ini ditujukan supaya rak yang Anda punya dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku sekaligus furniture yang efektif meningkatkan nilai estetika atau keindahan ruangan. Jadi, rak tersebut memiliki fungsi yang lebih banyak dibandingkan rak biasa. Itulah sebabnya memilih desain dan model rak perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Kiat Memilih Rak Buku yang Pas dan Sesuai


4. Pilih warna rak yang tepat.
Memilih warna rak tidak kalah penting dibandingkan memilih bahan dan model rak yang Anda inginkan. Sebaiknya, pilihlah warna rak yang netral sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai suasana dan konsep ruangan. Namun bila Anda ingin menciptakan kesan interior yang lebih kental dan kuat, tidak ada salahnya Anda memilih warna rak yang sesuai dan senada dengan nuansa ruangan yang Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan rak.

5. Pertimbangkan harga dan ongkos pembuatannya.
Tiap rak dijual dengan kisaran harga yang berbeda-beda. Begitupun dengan rak yang dipesan secara custom di berbagai toko furniture pilihan Anda. Oleh sebab itu, pilihlah harga rak yang cocok dan tepat sesuai budget yang tersedia. Selain itu, pastikanlah kualitas rak yang Anda dapatkan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jadi, Anda tak akan merasa kecewa dengan kualitas rak yang didapat atau dipesan.

Itulah beberapa kiat memilih rak buku yang sebaiknya diperhatikan. Tujuannya agar rak yang Anda beli bisa dimanfaatkan secara optimal untuk menyimpan aneka macam koleksi buku yang Anda punya di rumah. Bahkan rak juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda lainnya. Selain difungsikan sebagai furniture tempat penyimpanan buku dan aneka macam barang, rak tersebut juga dapat Anda gunakan untuk mempercantik suasana interior ruangan rumah. Jadi, rak tersebut bisa dikategorikan sebagai furniture multifungsi yang punya banyak manfaat karena dipilih dengan baik dan penuh perhitungan.

0 comments