Kiat Memilih Tongsis Kabel untuk Tetap Eksis

Mengambil gambar dengan menggunakan kamera menjadi salah satu aktivitas yang hampir sebagian besar lakukan untuk mengabadikan momen tersendiri. Akan tetapi, saat ini lebih mudah untuk berfoto dengan menggunakan kamera ponsel sehingga Anda dapat berfoto dimana saja dan kapan saja. Sayangnya, kemampuan atau jangkauan tangan seseorang terbatas sehingga membutuhkan bantuan seperti tongsis atau monopod. Terdapat beberapa jenis tongsis dan salah satunya yaitu tongsis kabel.
Manfaat dari penggunaan tongsis dengan kabel ini, diantaranya yaitu:

  • Membuat jangkauan foto menjadi lebih luas dan lebar sehingga lebih mudah dan nyaman untuk berfoto bersama.
  • Dapat digunakan untuk mengambil gambar dari objek yang tinggi.
  • Lebih mudah untuk berfoto.
  • Tongsis dapat digunakan juga untuk jenis kamera action namun tergantung dari jenis monopod tersebut.

Ketika Anda memilih tongsis dengan kabel, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih monopod. Pertama adalah perhatikan bagian clamp holder atau tempat yang digunakan untuk mencengkeram ponsel pintar Anda. sesuaikan jenis holder tersebut dengan ukuran dari smartphone Anda. Jangan sampai Anda kekecilan dalam memilih holder karena dapat menggores dan merusak smartphone sedangkan jika memilih yang terlalu besar, dapat menyebabkan smartphone menjadi mudah terjatuh dan rusak.

Kedua adalah elastisitas dari holder tongsis kabel. Beberapa jenis monopod memiliki tingkat elastisitas yang rendah sehingga menyulitkan Anda untuk menggerakkan holder untuk mencengkeram smartphone tersebut. Cari yang mudah digerakkan dan diatur sehingga holder itu tidak bergoyang dengan mudah serta jangan lupa untuk memilih holder yang dilapisi dengan karet atau busa sehingga ketika smartphone dipasang, holder tersebut tidak menggores atau merusak ponsel Anda.

Ketiga adalah panjang pendeknya dari monopod tersebut. Setiap monopod memiliki panjang yang berbeda ada yang 50 cm ada yang 75 cm dan ada yang 100 cm atau 1 meter. Pilih jenis monopod kabel dengan panjang yang kira-kira menurut Anda nyaman untuk digunakan. Hindari untuk memilih jenis tongsis yang terlalu panjang karena biasanya jika penggunaan tongsis pada panjang maksimal, dikhawatirkan monopod tersebut tidak dapat menopang berat dari smartphone atau kamera yang Anda pasang di clamp sehingga tongkat akan patah dan menyebabkan ponsel ataupun kamera action yang Anda pasang di holder menjadi terjatuh dan rusak.

Keempat adalah pilih monopod dengan pegangan yang nyaman. Holder hand yang nyaman juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat Anda sedang mengambil gambar terutama untuk pengambilan gambar dengan menggunakan panjang tongkat yang maksimal. Jika holder hand tersebut licin, maka akan membuat monopod tersebut mudah tergelincir dan hasil gambar menjadi kurang bagus serta monopod dapat terjatuh lalu mengakibatkan ponsel pintar Anda menjadi rusak. Pada holder hand tersebut juga terdapat shutter dan pastikan jika shutter tersebut mudah untuk dipencet dan nyaman untuk digunakan.

Tips lain untuk memilih tongsis kabel yaitu:
  • Tongkat yang kuat. Pastikan jika tongkat tersebut kuat untuk menahan beban kamera ataupun smartphone yang terpasang di clamp di saat panjang tongkat maksimal sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ponsel tersebut akan jatuh karena tingkatnya patah.
  • Fitur. Beberapa jenis tongsis dengan kabel juga dapat digunakan untuk kamera action ataupun kamera digital dan dslr. Namun, jika dapat juga digunakan untuk kamera DSLR, perhatikan berat maksimal yang dapat ditanggung tongsis tersebut.
  • Harga. Semakin bagus dan kompleks fitur dari monopod kabel tersebut maka harga akan semakin mahal sehingga pilih yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

0 comments