Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Rak Buku Dinding Minimalis

Bagi Anda yang hobi membaca mempunyai banyak koleksi buku di rak buku bukanlah hal yang luar biasa. Apalagi Anda terbiasa membaca semua jenis buku mulai dari novel, pendidikan, sastra, majalah dan lainnya. Namun terkadang mempunyai banyak buku pun menimbulkan masalah tersendiri dalam penyimpanannya. Apalagi jika Anda mempunyai rumah yang tidak terlalu besar dengan anggota keluarga yang tidak sedikit. Penempatan rak konvensional yang biasanya berupa almari sudah tidak lagi menjadi solusi.


Di era yang serba minimalis seperti sekarang ini, banyak model furniture yang disesuaikan. Tak terkecuali rak buku. Penempatan rak yang menempel di dinding kini menjadi pilihan. Dengan desain yang simpel atau bahkan mewah, rak-rak minimalis tersebut justru bisa menjadi aksesoris mempercantik rumah Anda. Apalagi ditambah dengan jajaran buku-buku koleksi favorit Anda. Suatu kebanggaan bisa memamerkan barang favorit di ruang tamu yang cantik bukan?

Tidak melulu harus membeli, Anda bisa berkreasi sendiri menciptakan rak sesuai desain pribadi Anda dan keadaan rumah Anda sendiri. Dengan ini desain yang tercipta akan unik dan mungkin tidak ada yang menyamai desain rak Anda. Sebelum memulai berkreasi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Ukuran ruang dan dinding
Ukurlah ruang dan dinding dimana rak tersebut nantinya akan ditempatkan. Ukur secara detail berapa maksimal panjang, lebar dan tinggi rak yang mungkin dibuat tanpa mengganggu aktifitas Anda dan keluarga. Pastikan juga Anda akan tetap mudah mengambil koleksi Anda dengan tinggi yang Anda tentukan tersebut.

  • Pilih bahan yang akan digunakan
Pilihlah bahan yang akan digunakan sesuai dengan apa yang akan Anda tempatkan di atasnya. Bila Anda akan menempatkan buku-buku, pastikan bahan yang dipakai nanti adalah bahan yang kuat, tebal namun cukup ringan. Kayu olahan bisa menjadi pilihan utama dalam hal ini. Anda juga bisa memilih bahan kaca jika ingin menempatkan hiasan-hiasan atau ornamen di atasnya.

  • Sesuaikan desain dengan tema ruangan dan perabot yang sudah ada
Apabila Anda ingin menempatkan rak di ruang tamu misalnya, sesuaikan dengan kursi tamu dan meja. Warna haruslah senada tanpa ada kesan mencolok sehingga menciptakan furniture yang serasi. Bila diletakkan di ruang keluarga atau di samping tangga, berilah kesan hangat dalam pemilihan warnanya.

Setelah memikirkan poin-poin di atas, saatnya Anda mendesain rak dinding yang akan Anda buat. Beberapa contoh bisa dijadikan inspirasi, seperti yang berikut ini:

  • Rak persegi
Buatlah rak-rak persegi dengan ukuran yang berbeda-beda. Anda juga bisa membuat sebuah persegi dengan ukuran besar kemudian menyekatnya menjadi 4 bagian. Susunlah rak-rak persegi tersebut secara acak di dinding ruangan Anda. Kreasikan warna senada dengan cat tembok atau warna furniture yang sudah ada.

  • Rak persegi panjang
Sama dengan membuat rak persegi, namun kali ini berbentuk persegi panjang. Modifikasi dalam hal warna jika perlu. Buatlah dua warna yang berbeda kemudian susunlah sedemikian rupa dalam satu ruangan.

  • Rak unik inisial nama Anda atau keluarga Anda
Rak ini bisa digunakan sebagai hiasan di ruang tamu. Misalnya nama keluarga Anda dimulai dari hurup H, maka buatlah rak berbentuk huruf H yang cukup besar. Tak selalu harus buku sebagai isinya. Bisa juga Anda isi dengan foto-foto atau piala-piala putra-putri Anda.

Sudah terinspirasi dalam membuat rak buku Anda sendiri? Bahkan Anda bisa membuat sebuah rak untuk satu jenis buku yang Anda koleksi. Jika Anda cukup kreatif, Anda bisa menghasilkan furniture unik desain Anda sendiri. Selamat berkreasi!

0 comments