Macam-macam Peralatan Medis Rumah Sakit Secara Umum

Seperti yang Kita tahu, aktivitas rumah sakit dapat berjalan lancar apabila seluruh peralatan medis yang dibutuhkan tersedia lengkap dan juga memadai. Karena itulah setiap rumah sakit perlu mengelola kebutuhan peralatan medis dengan baik dan semaksimal mungkin agar semua kebutuhan pengobatan, perawatan dan pemeriksaan pasien dapat berjalan dengan efektif. Secara umum, ada beberapa macam peralatan medis rumah sakit yang dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan pasien. Berikut ini macam-macam peralatan medis yang umum digunakan di berbagai rumah sakit ataupun klinik, yaitu:


  • Alat infus.
Salah satu alat medis yang selalu ada di rumah sakit yaitu alat untuk menginfus pasien. Alat ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan bagi para pasien. Biasanya, cairan infus yang diberikan ke dalam tubuh pasien berupa obat dan vitamin supaya pasien lebih bertenaga dan tidak lemas selama menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Secara umum, ada 3 jenis cairan infus yang ada di rumah sakit, antara lain cairan hipotonik, isotonik dan juga hipertonik.

  • Stethoscope.
Alat medis yang satu ini digunakan untuk mendengar detak jantung pasien. Peralatan medis yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengamati suara nafas pasien yang sedang diperiksa di rumah sakit. Biasanya, dokter akan mengukur kecepatan detak jantung pasien menggunakan alat ini. Secara umum, stethoscope yang digunakan di rumah sakit terdiri dari 2 jenis, yaitu stethoscope akustik dan juga stethoscope elektrik. Sesuai namanya, kedua stethoscope tersebut memiliki cara kerja yang berbeda satu sama lain.

  • Tensi meter.
Salah satu jenis pemeriksaan sederhana yang seringkali dilakukan dokter secara umum pada pasiennya ialah mengukur tekanan darah menggunakan tensi meter. Salah satu peralatan medis rumah sakit yang satu ini juga umum digunakan di klinik kedokteran, apotek, puskesmas atau sarana kesehatan lainnya oleh para dokter atau perawat untuk memeriksa pasien. Pengukuran tekanan darah menggunakan tensi meter saat ini bisa dilakukan secara manual dan ada juga yang dilakukan secara digital untuk mempermudah proses pengukuran.

  • Thermometer.
Alat medis lainnya yang umum digunakan di rumah sakit ialah thermometer. Selain dipakai di rumah sakit, thermometer juga dapat digunakan sebagai alat medis rumahan karena cara kerjanya yang sangat sederhana. Sesuai namanya, alat pengukur suhu ini digunakan untuk mengetahui suhu badan seseorang. Jika thermometer menunjukkan suhu yang tidak normal, kemungkinan pasien mengalami demam atau gejala kesehatan lainnya. Saat ini, ada dua macam alat pengukur suhu tubuh yang banyak digunakan, yaitu thermometer digital dan manual.

  • Urinal.
Alat medis yang satu ini digunakan sebagai penampung urine atau air seni pasien yang tidak dapat ke WC. Alat penampung urine ini bisa digunakan dengan mudah oleh pasien di tempat tidur untuk meminimalisir gerak ketika menjalani perawatan di rumah sakit. Beberapa jenis urinal yang digunakan di rumah sakit antara lain urinal male dan urinal female yang digunakan sesuai gender pasien. Ada juga alat penampung lainnya berupa bedpan untuk fesses, pus basin untuk muntah, kapas bekas dan lain-lain.

Selain berbagai jenis peralatan medis di atas, masih banyak lagi daftar peralatan medis rumah sakit lainnya yang umum digunakan di berbagai rumah sakit. Masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain untuk menunjang perawatan, pemeriksaan dan pengobatan pasien. Semakin lengkap peralatan medis yang disediakan, semakin optimal pula fasilitas rumah sakit yang dikelola.

0 comments