Tips Memilih Sepatu Gunung Murah dan Berkualitas

Menaklukkan gunung-gunung tinggi di Indonesia dan dunia adalah kenikmatan tersendiri untuk para pendaki. Meskipun menempuh medan terjal, menanjak tajam dan sulitnya kondisi sekitar, tak menyurutkan minat dan semangat para pendaki untuk sampai ke puncak tertinggi. Itulah mengapa para pendaki harus memiliki mental kuat, ketahanan fisik prima dan dibekali perlengkapan keamanan yang memadai. Salah satu perlengkapan wajibnya adalah sepatu gunung. Memilih sepatu gunung murah dan berkualitas tentu menjadi pilihan bagi pendaki dengan keuangan minimal.


Mendaki gunung tidak bisa terhindar dari menapaki jalanan terjal dan keras berbatu. Untuk itu, pilihan sepatu gunung tidak boleh sembarangan dan harus mengutamakan kualitas sehingga aktivitas pendakian berjalan lancar dan terhindar dari luka dan cedera. Mode dan desain sepatu yang sangat beragam cukup membingungkan bagi beberapa pendaki yang ingin membelinya. Berikut beberapa tips untuk memilih sepatu yang berkualitas.

  • Ketahui jenis dan bahan sepatu
Jenis dan bahan sepatu menjadi hal penting yang harus diketahui agar Anda bisa menyesuaikan dengan medan yang akan dilalui. Sepatu gunung dengan leher pendek cocok digunakan untuk pendakian dengan jalan yang tidak terlalu terjal dan durasi pendakian sebentar. Namun sepatu dengan leher panjang lebih cocok digunakan untuk pendakian dengan medan terjal dan keras, serta durasi mendaki yang lama. Bahan sepatu juga berperan penting dalam aktivitas ini. Usahakan untuk memilih sepatu dengan bahan kulit sintesis yang bisa memberikan sirkulasi udara untuk kaki Anda. Bahan jenis ini terbukti awet dan tahan lama. Hindari memilih bahan kanvas atau karet karena sangat mudah robek.

  • Pastikan sol sepatu kuat
Pertimbangan selanjutnya adalah kekuatan sol. Sol sepatu sangat penting dalam aktivitas pendakian karena akan melindungi kaki dari batuan tajam dan menghindarkan dari cedera. Untuk itu pastikan memilih sol yang cukup tebal serta jahitan yang kuat agar pendakian lebih nyaman. Sepatu gunung yang bagus biasanya memiliki sol kuat namun tetap ringan dipakai. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan sepatu gunung murah dengan sol yang kuat.

  • Beli dengan ukuran sedikit lebih besar
Ukuran yang longgar dimaksudkan agar kaki tidak terasa sakit dan menghindari lepuh saat pendakian. Untuk itu disarankan juga memakai kaos kaki agar kaki semakin terlindung dari luka.

  • Kenyamanan
Satu lagi tips yaitu faktor kenyamanan. Kenyamanan dalam memakai sepatu belum tentu dirasakan hanya karena sepatu tersebut berharga mahal. Anda bisa melakukan cek pada bagian dalam sepatu yang harus memiliki bantalan empuk dan nyaman saat digunakan. Maka dari itu, cobalah memakai sepatu gunung tersebut sebelum Anda putuskan membeli. Cobalah untuk digunakan berjalan. Jika Anda merasa nyaman dengan bantalan dan kaki terasa cukup terlindung, maka pilihlah sepatu tersebut.

Harga dan mode sepatu gunung sangat bervariatif tergantung dari bahan dan jenis sepatu tersebut. Jangan hanya terpaku pada warna dan mode saja, namun pertimbangkan dari segi fungsi seharusnya, yaitu perlindungan terhadap kaki. Sepatu gunung murah dan berkualitas bisa Anda dapatkan dengan menerapkan tips-tips tersebut. Dan jika Anda telah mendapat sepatu yang diinginkan, maka rawatlah dengan hati-hati. Salah satu caranya adalah dengan menjemur sepatu basah di tempat teduh dan berangin. Jangan menjemur dengan paparan sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan sepatu menjadi kaku dan kering sehingga tidak nyaman dipakai.

0 comments