Cara Asyik Selfie Menggunakan Tongsis Kabel

Tongsis yang pertama kali muncul adalah yang original, yaitu hanya berupa tongkat dan sebuah pencengkeram HP atau kamera. Kemudian cara penggunaannya juga masih manual, yaitu dengan cara mengeset timer kamera HP lalu menunggu sambil bergaya hingga timer habis dan kamera memotret otomatis. Ada juga tongsis yang disertai tombol yaitu tongsis kabel dan tongsis bluetooth.


Selfie atau memotret diri sendiri memang sudah menjadi sebuah trend masa kini. Tak hanya di kalangan kawula muda saja tapi juga orang dewasa dan orang tua. Hampir semua pasti sudah pernah mencoba melakukan selfie. Dewasa ini, kehadiran tongsis benar-benar sangat membantu kegiatan memotret diri sendiri atau bernarsis ria. Sekarang sudah ada banyak tongsis dengan berbagai model dan harga.

Pada awal-awal kemunculannya, harga tongsis masih cukup mahal yakni antara 300 hingga 400 ribu sedangkan jaman sekarang Anda bisa mendapatkan tongsis dengan harga 20 hingga 50 ribu rupiah saja. Namun, dengan harga begitu, harus lebih berhati-hati memilihnya karena banyak yang kualitasnya kurang bagus dan bahkan bisa merusak HP atau kamera Anda. Berikut ini adalah cara menggunakan tongsis kabel:

  • Pastikan handphone Anda sudah kompatibel dengan tongsis, sebaiknya tanyakan saat membeli atau coba dulu sebelum membeli.
  • Pasangkan handphone pada holder (pencengkeram) tongsis.
  • Colokan port jack audio ke handphone.
  • Buka aplikasi kamera lalu ke pengaturan kamera lalu ke panel volume button, pilih penangkap gambar atau capture lalu save. Coba berfoto dengan menggunakan tombol shutter tongsis.
  • Jika tetap belum bisa, gunakan saja aplikasi Camera 360 dengan setting yang sama.
  • Tongsis siap digunakan memotret.

Nah, agar hasil foto selfie dengan tongsis dapat maksimal dan terlihat bagus, diperlukan beberapa trik khusus. Foto selfie yang bagus bukan hanya membuat Anda lebih percaya diri namun juga sangat bagus untuk ditampilkan di media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain-lain. Semakin bagus foto Anda maka akan semakin banyak likes atau loves yang akan Anda dapatkan. Berikut ini tips dan triknya:

  • Berdandan.
Sebelum bernarsis atau ber-selfie ria, terlebih jika Anda ingin menggunakannya sebagai display picture atau foto profil sebaiknya berdandan dahulu, baik pria ataupun wanita sama saja. Akan lebih baik jika merapikan rambut ataupun kerudung terlebih dahulu, bagi wanita tentu akan lebih cantik jika memakai make up natural sebelum memotret diri sendiri.

  • Ekspresi yang natural, tidak terlalu dibuat-buat.
Ekspresi yang natural dan tidak berlebihan saat memotret diri sendiri memang akan terlihat lebih bagus dan cocok dibandingkan dengan memberikan ekspresi lebay atau terlalu dibuat-buat. Berbeda jika Anda berfoto bersama teman-teman Anda yang lebih seru jika berpose atau berekspresi lucu dan kocak.

  • Pencahayaan yang bagus.
Jika ingin kulit wajah terlihat lebih cerah sebenarnya gampang saja, tidak perlu memakai aplikasi pengedit foto, cukup dengan memperhatikan pencahayaannya saja. Pastikan Anda berfoto di tempat dengan pencahayaan baik.

  • Latar belakang.
Ini hal yang sangat penting saat memotret diri sendiri, jika latar belakang kurang bagus maka selfie Anda juga akan kurang sempurna.

Dijamin dengan menggunakan trik di atas, maka hasil foto selfie Anda akan semakin bagus. Kehadiran tongsis, baik tongsis biasa atau tongsis kabel dan tongsis bluetooth memang sangat berguna bagi para penggemar selfie termasuk para traveler, sehingga untuk bisa memotret diri sendiri dengan latar belakang yang keren, tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk memotret.

0 comments