Beberapa Hal yang harus Dihindari Saat Belanja Handphone di Toko Online

Berbelanja online saat ini menjadi salah satu kegemaran baru bagi beberapa orang. Banyak jenis barang yang dibeli seperti handphone model smartphone. Dengan membeli di toko online handphone, Anda tidak perlu untuk keluar rumah dan bersusah payah menuju ke toko handphone yang ada di sekitar rumah Anda. Akan tetapi, membeli di online shop yang menjual ponsel, lebih rawan terjadi penipuan sehingga Anda tetap harus waspada saat berbelanja online.


Terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari saat Anda sedang melakukan online shopping. Pertama adalah asal memilih toko online karena toko tersebut menawarkan harga yang murah atau miring bahkan hingga ½ dari harga normalnya. Toko online yang terpercaya memiliki ciri tertentu yang dapat Anda perhatikan sehingga Anda dapat berbelanja di toko online dengan aman.

Beberapa ciri toko online yang aman yaitu:

  • Alamat website dari online shop tersebut menggunakan https yang merupakan sertifikasi website yang terpercaya serta mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan website biasa atau HTTP. Dengan sertifikasi tersebut, keamanan dapat lebih terjaga dengan baik.
  • Mempunyai kontak yang dapat dihubungi baik nomor telepon atau beberapa media sosial yang dimiliki sehingga Anda dapat bertanya langsung ke online shop tersebut terkait dengan ponsel yang akan Anda beli.
  • Adanya jaminan misalnya jaminan uang kembali atau jaminan barang yang dapat ditukar jika ponsel yang diterima rusak.

Kedua adalah membeli lewat ponsel atau laptop atau komputer orang lain terutama jika Anda membelinya dengan menggunakan kartu kredit. Cara ini sering digunakan karena berbagai macam faktor misalnya karena ponsel yang akan dibeli dibutuhkan dalam waktu dekat atau karena ponsel atau laptop yang dimiliki mati atau tidak berfungsi dengan baik. Dengan menggunakan device milik orang lain, walaupun milik teman Anda sendiri, data diri Anda rawan untuk dicuri dan dipergunakan untuk hal yang tidak baik misalnya untuk membeli barang di toko online handphone yang lain.

Ketiga adalah membeli ponsel di luar ruangan dan menggunakan jaringan yang tidak aman misalnya Wi-Fi. Walaupun tidak semua tempat yang menyediakan Wi-Fi tersebut memiliki niat buruk, namun jika Anda menggunakan Wi-Fi publik, hal tersebut justru akan dapat dengan mudah dicuri datanya oleh para hacker. Para hacker tidak jarang hanya iseng dan menembus keamanan data lewat Wi-Fi sehingga data diri Anda di toko online tersebut terancam tercuri oleh hacker tersebut dan dapat digunakan untuk hal yang tidak menyenangkan.

Keempat adalah jangan sembarangan berbelanja dengan mengklik link yang ada di sosial media atau di email yang Anda peroleh. Hal tersebut dikarenakan link yang dikirimkan mungkin saja palsu dan hanya dijadikan sebagai ‘umpan’ untuk dapat menyusup ke akun Anda dan mencuri data diri Anda. Link tersebut juga dapat berupa virus yang akan dapat merusak sistem smartphone ataupun laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Kelima adalah sebaiknya hindari untuk membeli di toko online yang menggunakan nomor tujuan atau rekening pribadi. Walaupun tidak semua pihak yang mempunyai toko online handphone dengan nomor rekening nama pribadi adalah penipu, akan tetapi hal tersebut sebaiknya dihindari karena mungkin saja toko tersebut berkedok penipuan. Jika Anda membeli di toko tersebut, tanyakan jaminan yang akan diberikan kepada Anda dan jangan lupa untuk meminta nomor resi paket yang dikirimkan untuk membantu Anda melacak paket kiriman.

0 comments