Model Jaket Wanita Korea yang Sesuai dengan Budaya Indonesia

Dengan semakin banyaknya drama Korea yang diputar di Indonesia, maka semakin banyak pula kebudayaan Korea yang ikut diperkenalkan di negeri kita. Selain wajah para aktor dan aktris yang menawan, kebudayaan mereka yang unik dan berbeda dengan masyarakat kita menjadi salah satu daya tarik yang memikat banyak penonton terutama kalangan wanita. Beberapa budaya yang diadaptasi oleh masyarakat dengan cepat adalah jenis kuliner ala negeri ginseng tersebut dan juga trend fashion yang kerap dipakai para pemainnya, salah satunya adalah jaket wanita korea.


Pada jaket wanita yang digunakan masyarakat Korea sebenarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan jaket yang digunakan para pria. Hanya saja bentuk memanjang ke bawah untuk jaket wanita dibuat lebih memperlihatkan lekuk tubuh atau dibuat melebar, sedangkan untuk jaket pria dibuat dengan lebih lurus. Penggunaan jaket di sana selain sebagai trend fashion juga diperuntukkan untuk melindungi diri dari dinginnya cuaca di musim salju yang ada di Korea. Karena itu jaket dibuat dari bahan tebal dan berbentuk panjang hingga mata kaki atau setengah kaki manusia dewasa. Model yang dimiliki jaket di Korea hampir mirip dengan jaket jeans atau blazer. Model yang semi formal dengan kancing dan saku justru memberikan kelebihan jaket ini sehingga terlihat rapi dan sopan untuk digunakan di acara apapun. Namun bahannya yang tebal membuat jaket ini hanya dikenakan di luar ruangan saja untuk melindungi diri dari cuaca apalagi ketika musim salju tiba.

Untuk ukuran iklim di Indonesia sendiri, jaket wanita Korea jika di import secara langsung akan kurang sesuai. Pasalnya di Indonesia hanya memiliki musim penghujan dan bukan musim salju yang dapat menyebabkan suhu luar ruangan menjadi minus. Untuk pemakaian di musim penghujan yang memiliki suhu tetap tinggi, jaket ini kurang dapat memberi kenyamanan jika tidak dimodifikasi terlebih dahulu terutama pada pemakaian bahannya. Saat ini sudah banyak jaket yang dibuat di Indonesia dengan berkiblat pada jaket Korea. Namun itu hanya sebatas modelnya saja dan bukan bahan yang digunakan. Jaket buatan Indonesia menggunakan bahan yang lebih tipis atau bahan tebal namun tidak sepanjang jaket di korea. Hal ini disesuaikan agar jaket tetap dapat digunakan sehari-hari karena iklim di Indonesia yang lebih sering berada di musim kemarau atau panas.

Berikut ini adalah beberapa model yang dapat Anda pilih ala jaket Korea yang masih sesuai dengan budaya bangsa kita:
  1. Jaket semi blazer dengan bawahan melebar dengan panjang hingga lutut.
  2. Jaket blazer dengan bawahan lurus hingga lutut atau setengah kaki.
  3. Jaket blazer dengan ikat pinggang.
  4. Jaket panjang dengan topi.
  5. Jaket sweeter rajut lengan panjang.
  6. Blazer tanpa kancing lengan panjang.
Dengan menggunakan jaket wanita korea yang telah dimodifikasi untuk bagian bahan dan ukurannya, wanita Indonesia akan dapat berpenampilan seperti para wanita Korea tanpa merasa terlalu gerah atau panas. Dengan menggunakan jaket tersebut para wanita justru dapat tampil lebih menarik, stylish, sopan dan rapi. Jaket yang memiliki model seperti blazer juga cocok digunakan saat acara kerja di luar ruangan atau sebagai jaket saat berkendara. Namun penggunaan jaket sebagai atasan tetap kurang baik karena selain tidak sopan juga akan membuat gerah badan Anda mengingat bentuk jaket yang tertutup dan memiliki lengan yang panjang.

0 comments