Tips dan Trik Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Kendaraan memang sudah jadi benda yang amat diperlukan di dunia yang kian modern ini. Mobil menjadi salah satunya dimana kendaraan ini begitu sangat disukai oleh masyarakat. Dengan kenyamanan ketika berkendara di dalamnya, maka tak heran jika banyak sekali yang ingin memilikinya. Saat ini sudah ada banyak sekali merk mobil yang tersedia di pasaran dengan banderolan harga masing-masing. Anda bisa memilih dengan bebas mobil mana yang sesuai untuk Anda.

Salah satu bagian dari mobil yang amat sangat penting yakni bagian ban. Ban ini bisa mengantisipasi terjadi kecelakaan lantaran sudah langsung berhubungan dengan adanya permukaan jalan. Ban mempunyai konstruksi yang amat kompleks dimana langsung berhubungan pada permukaan jalan. Bagi Anda yang bingung memilih ban untuk mobil, maka berikut ini beberapa tips dari infokendaraan.net memilih ban mobil terbaik:
Tips dan Trik Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Kesayangan Anda


1. Berdasar kebutuhan

Kebutuhan tiap orang akan kendaraannya beda-beda. Ada yang butuh hanya untuk mengantar ke kantor dengan medan aspal, ada yang bisa membantu berdagang jauh, bahkan ada juga mobil yang memang dibuat khusus untuk bisa menjelajah ke medan ekstrim. Dengan banyaknya fungsinya maka yang pertama dalam pemilihan ban adalah dengan tahu benar kebutuhan Anda. Dari sini bisa terlihat bentuk ban itu berbeda-beda karena memang diperuntukkan untuk tujuan yang berbeda.

2. Perhatikan tipe ban di mobil

Setelah tahu kebutuhan Anda, maka selanjutnya adalah tahu juga tipe ban dari mobil Anda. Dengan ban yang tepat, maka kinerja optimal pun akan Anda dapatkan. Tipe ban ini biasanya bisa terlihat dari plakat ataupun laci di mobil. Keterangan dan juga semua hal yang Anda harus tahu sudah ada di sana sehingga bisa dengan mudah menyesuaikannya. Anda juga harus tahu jika kini di pasaran sudah ada ban dengan jenis radial dan juga jenis dias dimana masing-masingnya punya fungsinya sendiri.

3. Ukuran ban

Selain tipe ban, ukuran ban juga wajib Anda ketahui. Dengan demikian maka Anda akan bisa lebih bisa mendapatkan ban yang pas. Anda jangan sampai memilih ukuran salah baik terlalu kecil atau justru terlalu besar karena akan memberikan akibat yang tidak pas ketika pemasangan.

4. Lebar ban

Lebar ban juga bisa memberikan pengaruh di daya cengkram dan juga akselerasi di mobil. Dengan kian lebar bannya, maka daya cengkram pun akan kian kuat dan begitu juga sebaliknya karena jika ban kian sempit maka daya cengkram juga minimal. Untuk itu Anda harus sesuaikan dengan kemampuan dari akselerasi pada mobil Anda.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan benar ketika Anda ingin memilih ban yang tepat. Kini sudah ada banyak sekali merk ban tersedia dan kini bisa didapat dengan mudah.

0 comments