Kenali Risiko bahaya Pada Saat Menggunakan Mesin Gerinda

Mesin gerinda tangan sangat mudah di gunakan dan praktis, apalagi dengan handle yang dapat menjadi pegangan sehingga sangat mudah di kendalikan. Jika kamu pemula dan baru pertama kali menggunakan mesin gerinda pasti akan sedikit kesulitan dalam menggunakannya, namun ketika sudah terbiasa kamu akan lancar-lancar saja dalam menggunakannya. Mesin gerinda sebenarnya aman-aman saja ketika di gunakan dan tidak berbahaya asalkan saat menggunakannya sesuai aturan dan prosedur, namun jika di gunakan secara sembarangan dan tidak sesuai prosedur dapat berbahaya. Mesin gerinda sebenarnya seperti mata pisau dan api, jika digunakan dan di manfaatkan dengan baik akan sangat bermanfaat, namun jika tidak benar dalam penggunaannya akan melukai diri kita. Beberapa risiko dari penggunaan mesin gerinda ini cukup banyak mulai dari yang biasa saja sampai risiko yang cukup berbahaya dan parah. Untuk itu mari kita mengetahui risiko apa saja yang akan terjadi apabila kita tidak benar dan salah dalam menggunakan mesin gerinda tangan.
 

Bahaya Benda Yang Melontar 

Jika kamu sedang menggunakan mesin gerinda untuk memotong atau menghaluskan logam, kamu harus memperhatikan lontaran benda yang terjadi akibat gesekan pada logam. Biasanya yang terlontar itu adalah sisa-sisa dari logam yang terpotong, lontarannya cukup kuat sehingga akan sangat berbahaya jika lontaran benda tersebut terkena bagian tubuh terutama mata. 

Bahaya Listrik 

Saat menggunakan mesin gerinda pasti kamu akan berjibaku dengan kabel dan listrik, jika kabel listrik ada yang terkelupas tentu akan sangat membahayakan. Untuk itu periksa terlebih dahulu kelayakan kabel pada mesin gerinda, jika ada yang terkelupas segera di perbaiki agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang. 

Bahaya Percikan Api 

Ketika mesin gerinda bersentuhan dengan objek logam hal tersebut akan menimbulkan percikan api yang cukup jauh jangkauannya. Jika kamu tidak mengerti arah percikan api tentu hal tersebut akan membahayakan, karena di dalam aturan tertentu saat kamu sedang menggunakan mesin gerinda percikan api harus mengarah ke bawah. Kamu harus menggunakan perlengkapan keselamatan khusus agar dapat terhindar dari bahaya percikan api tersebut, karena jika terkena mata dan anggota tubuh lainya akan cukup berbahaya. 

Bahaya Debu 

Saat kamu menggunakan mesin gerinda pada logam akan tercipta partikel debu yang tercampur dengan limbah logam yang cukup halus, jika terhirup akan sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu wajib hukumnya menggunakan masker untuk hidung dan pelindung mata. 

Bahaya Disk Pecah 

Ketika kamu sedang menggunakan mesin gerinda pastikan tidak menekan mesin terlalu keras terhadap benda logam yang sedang kamu gerinda, karena jika terlalu keras saat menekannya disk akan pecah. Jika disk tersebut pecah dan mengenai anggota tubuh akibatnya akan sangat fatal, jadi harus berhati-hati saat menggunakan mesin gerinda agar kamu terhindar dari hal tersebut. 

Bahaya Tangan Terluka/Tersayat Mata Gerinda 

Hal yang paling membahayakan dan mengerikan dari semuanya adalah risiko luka pada tangan, karena mengoperasikan mesin gerinda menggunakan tangan resko terluka sangat tinggi. Jika besi atau benda keras lainnya dapat terpotong, bisa di bayangkan jika terkena tangan akan bagaimana? Jadi lebih berhati-hatilah saat menggunakan mesin gerinda agal hal tersebut tidak terjadi pada kamu. 

Intinya lebih berhati-hati pada saat menggunakan mesin gerinda dan patuhi peraturan atau prosedur yang telah ada, selalu gunakan peralatan keselamatan agar saat bekerja dapat mengurangi risiko yang berbahaya.

0 comments