Menu Ini Pastinya Tidak Pernah Absen untuk Disantap ketika Berbuka Puasa di Indonesia

Bulan Ramadhan memang merupakan saat-saat yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang memeluk agama muslim. Sebelum merayakannya pada hari Lebaran tersebut, mereka tentunya dituntut untuk menunaikan ibadah puasa, yaitu menahan hawa nafsu dan menahan segala bentuk dosa dan menggantinya dengan perbuatan yang baik. Ketika adzan Maghreb sudah dikumandangkan, mereka biasanya akan berbuka puasa dengan mengonsumsi minuman dan juga makanan yang tersedia. Memang tidak ada makanan atau minuman khusus yang harus mereka konsumsi saat berbuka, namun sekarang ini ada beberapa jenis menu minuman dan makanan yang pastinya selalu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan menjadi pilihan pertama yang tidak pernah absen dari menu berbuka puasa mereka. Berikut inilah beberapa menu yang tidak pernah absen di meja makan ketika akan buka puasa tersebut: 


  • Gorengan

Jenis menu buka puasa yang pertama yang pastinya jarang absen ketika berbuka puasa adalah gorengan. Gorengan menjadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa karena memiliki harga yang begitu murah dan rasa yang sangat gurih. Macamnya pun ada banyak sekali, seperti tahu isi, tempe, bakwan, pisang goreng, dan masih banyak sebagainya. Tidak heran mengapa makanan yang satu ini selalu dikonsumsi oleh mereka yang berbuka puasa karena sangat praktis dan juga dapat mengganjal perut.

  • Kolak Pisang

Ingin berbuka dengan sesuatu yang manis-manis, maka Anda patut mencicipi salah satu menu yang banyak sekali dipilih sebagai menu berbuka puasa, yakni kolak pisang. Hal tersebut dikarenakan menu ini memiliki kuah yang begitu manis yang dimana dibuat dari santan dan juga gula aren yang begitu khas sehingga dapat memberikan kesegaran dan sensasi tersendiri ketika Anda santap ketika kolak tersebut masih hangat. Jika ingin sesuatu yang lebih menyejukkan, Anda bisa menaruh es batu ke dalam kolak ini dan menyantapnya, rasanya juga pasti tetap lezat.

  • Kurma

Menu andalan untuk berbuka puasa yang tidak boleh sampai Anda tidak cicipi adalah kurma. Rasanya yang manis ini dapat membuat rasa lapar Anda menjadi berkurang, selain itu buah ini mengandung banyak sekali kalsium dan juga kalium yang sangat berguna untuk tubuh Anda. Selain itu, buah ini tidak memiliki kalori yang terlalu tinggi sehingga bagi Anda yang takut jika berat badan akan naik cocok untuk mengonsumsinya ketika berbuka.

  • Biji Salak

Menu yang satu ini juga tidak pernah absen untuk dihidangkan ketika berbuka puasa. Menggunakan adonan tepung dan campuran ubi yang di bulat-bulatkan sehingga menyerupai biji salak ini memiliki rasa yang begitu manis karena disajikan dengan menggunakan kuah yang terbuat dari santan dan gula. Pastinya berbuka dengan menu ini akan semakin terasa nikmat karena rasanya yang begitu manis dan dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga.

0 comments