Hal yang Perlu Dihindari saat di Depan Murid-murid Ketika Anda Ingin Menjadi Guru

Cita-cita seseorang memang berbeda dengan yang lainnya, tidak semua memiliki cita-cita yang sama atau bahkan yang sudah ada seperti sekarang ini misalnya, yakni menjadi guru. Mungkin ketika kecil kita akan merasa bahwa pekerjaan lain sangat terlihat menarik dan keren, namun ada juga yang memiliki spekulasi bahwa gurulah yang akan mengajarkan semua hal pada orang-orang terlebih dahulu. Oleh karena itu, tidak sedikit pada zaman sekarang yang ingin menjadi guru di sebuah sekolah. Meski terlihat mudah untuk menjadi guru, namun nyatanya profesi tersebut pastinya juga memiliki berbagai masalah dan juga tantangan sendiri, terutama profesi ini berkaitan dengan orang lain yang begitu banyak dan berbeda. Guru akan terbilang sukses jika murid-muridnya memiliki nilai yang memuaskan, kepribadian yang pintar serta cerdas, dan juga memiliki rasa hormat pada guru-guru mereka. Untuk membuat hal itu terwujud, maka jangan melakukan beberapa hal ini:

 
  • Tidak Memberi Salam Duluan
 
Sering kali karena kita merasa bahwa diri kitalah yang paling tua, maka yang muda pun harus menghormati kita dengan cara memberikan salam terlebih dahulu. Hal tersebut memang benar, namun Anda jangan sungkan juga untuk memberi salam duluan. Dengan memberi salam, Anda pun bisa menjadi contoh atau teladan yang baik yang dimana dapat dicontoh oleh murid-murid Anda. Dengan begitu, pastinya mereka akan lebih merasa hormat kepada guru mereka dan juga lebih memberikan dampak positif bagi mereka.

  • Tidak Mengakui Kesalahan

Semua manusia memang dapat berbuat kesalahan, tidak terkecuali yang lebih dewasa dan juga memiliki banyak pengalaman. Sebagai seorang pendidik, tidak baik jika Anda tidak ingin mengaku kesalahan jika memang sudah berbuat demikian. Jika Anda mengakuinya serta memberikan penjelasan yang sejujur-jujurnya, hal ini juga pastinya akan ditiru oleh para murid dan membuat mereka menjadi lebih berani mengakui kesalahan mereka dan juga meminta maaf duluan.

  • Meragukan Kemampuan Murid

Setiap orang memang diciptakan berbeda-beda, ada yang diciptakan memiliki intelektual yang tinggi dan juga ada yang memang membutuhkan proses yang cukup lama untuk dapat mengerti suatu pelajaran. Jika demikian, Anda tidak boleh meremehkan mereka, namun berilah semangat dan juga solusi yang baik agar mereka lebih giat untuk belajar dan cepat menangkap pelajaran. Berikan mereka rasa percaya bahwa diri mereka memiliki kemampuan dan hal itulah yang nantinya akan membuat mereka hormat kepada gurunya.

  • Berbicara Tidak Sopan

Sebagai pendidik, tentunya Anda harus memberikan contoh yang baik terutama di depan murid-murid Anda. Pengucapan atau pemilihan kata yang Anda gunakan juga haruslah disaring agar murid hanya bisa meniru hal yang positif saja. Jangan pernah menggunakan bahasa yang memang tidak pantas atau tidak sopan di depan mereka karena hal ini akan membuat Anda menjadi tidak dihormati dan dianggap sepele.

0 comments