Tips Membedakan Spare part Asli dan Palsu Sebagai Persiapan Usaha Jual Spare Part Mobil

Salah satu jenis peluang bisnis yang banyak diminati sekarang ini adalah jenis usaha di bidang otomotif. Mulai dari jual beli kendaraan bermotor, aksesoris kendaraan, dan usaha jual beli spare part atau suku cadang kendaraan. Jual spare part mobil adalah salah satu dari berbagai jenis usaha di bidang otomotif yang sangat marak baik di toko-toko online yang bertebaran di internet maupun di pasaran umum serta sangat diminati oleh konsumen tanah air dari berbagai kalangan.


Namun ternyata besarnya minat dan kebutuhan konsumen Indonesia terhadap produk spare part menyebabkan munculnya banyak produsen suku cadang mobil yang melakukan kecurangan dengan memproduksi dan menjual spare part palsu yang bentuknya sangat mirip dengan produk aslinya demi mengejar keuntungan semata. Dan karena ketidaktahuan produk, membuat banyak konsumen yang tertipu dengan kualitas rendah dari spare part yang dibelinya.

Bagi Anda yang menjalankan usaha jual spare part mobil pun layaknya berhati-hati atas kemungkinan penipuan ini agar supplier produk yang Anda jual tetap memberikan kualitas terbaik dari barang yang di produksinya dan Anda pun bisa terhindar dari kerugian usaha akibat mendapatkan produk spare part yang tidak bagus kualitasnya padahal Anda sudah mengeluarkan modal yang besar untuk membeli spare part yang memang tidak murah harganya. Karena itulah pengetahuan Anda akan produk menjadi salah satu modal utama saat Anda mulai menjalankan bisnis ini.

Beberapa hal yang patut Anda lakukan saat akan membeli produk usaha Anda dari supplier atau produsen spare part agar Anda mendapatkan kualitas produk sesuai yang Anda harapkan di antaranya adalah selalu teliti sebelum memutuskan untuk membeli produk spare part agar Anda terhindar dari penipuan. Selain itu sebaiknya Anda mengetahui cara membandingkan produk yang asli dengan yang palsu dengan cara berikut ini:

  • Penawaran harga

Anda harus sangat teliti membandingkan harga suku cadang yang ditawarkan produsen satu dengan yang lain. Hati-hatilah terhadap harga suku cadang yang murah namun terkesan tidak wajar karena umumnya penjual suku cadang palsu kerap mengiming-imingi pembelinya dengan harga jual yang murah untuk produk yang standar harganya ada di kualitas yang tinggi. Lebih baik jika Anda sudah mengumpulkan banyak informasi harga suku cadang dari banyak referensi yang bisa dipercaya sehingga Anda bisa memperkirakan apakah harga murah yang ditawarkan supplier adalah harga promosi atau harga dari kualitas barang yang palsu.

  • Kemasan produk

Biasanya warna tulisan dan bungkus dari suku cadang asli akan tampak jelas dan lebih terang dibandingkan produk palsu yang umumnya tampak pudar. Namun hal ini memang tidak bisa dijadikan satu-satunya cara memastikan apakah produk suku cadang ini asli atau tidak.

  • Komponen suku cadang 

Anda dapat melihat dan memeriksa kualitas suku cadang secara langsung dengan membukanya dari kemasan. Lihatlah apakah suku cadang dibuat dari besi yang kualitasnya baik atau rendah. Umumnya spare part asli dibuat dari material logam baja, sedangkan produk palsu dibuat dari besi atau plastik.

  • Pastikan garansi

Garansi spare part yang asli umumnya didapat langsung dari perusahaan produsen pembuat spare part. Sedangkan suku cadang yang palsu dan berkualitas rendah umumnya hanya memberikan garansi distributor atau supplier saja dengan jangka waktu yang lebih pendek. Sebaiknya Anda mencari distributor atau supplier yang memang memasang label genuine part agar Anda mendapatkan suku cadang yang orisinil untuk menjadi produk usaha jual spare part mobil Anda. 

0 comments