Tips Memilih Makanan Sahur Yang Baik Bagi Keluarga Anda

Tips Memilih Makanan Sahur - Terkadang saat tertidur lelap, sulit untuk membuat badan segar seketika dan menyantap makanan untuk sahur.

Padahal, makanan sahur sangatlah penting agar tubuh tidak lemas saat menjalankan puasa keesokan harinya.

Selama bulan Ramadhan ini, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan selama 14 jam ke depan. Itu sebabnya makanan untuk sahur juga harus diperhatikan.

Tips Memilih Makanan Sahur


Selain buka puasa, ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat memilih makanan untuk sahur. Pertama, air.

Mulailah sahur dengan meminum banyak air untuk merestorasi cairan tubuh. Kedua, konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur. Serat akan membantu membersihkan sisa makanan di usus.

Selain berserat, pilih juga makanan yang berprotein tinggi. Makanan berprotein tinggi akan memberi rasa kenyang.

Saat melahap juga sebaiknya mengunyah makanan dengan pelan sehingga makanan benar-benar lembut saat masuk ke perut. Yang terakhir, jika mengidap maag, jangan lupa untuk meminum obat maag.

Ada tiga makanan yang tim ABRA bisa rekomendasikan untuk sahur:

Makanan Berkarbohidrat Lengkap

Saat menyantap nasi, cobalah menyantap dengan nasih merah yang memiliki banyak manfaatnya seperti kaya serat, mengontrol kadar gula darah, membuat lebih cepat kenyang, mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Atau jika malas memasak, bisa menyantap roti gandum yang mempunyai manfaat kurang lebih sama dengan nasi merah. Roti gandum juga meningkatkan pencernaan dan mengurangi keinginan mengemil.

Baca Juga : Tips Beli Tiket Kereta Api Harga Murah Menjelang Mudik

Jika ingin yang manis sebagai asupan energi dan tidak cepat haus, pilih juga pemanis alami seperti gula merah atau madu.

Lauk Kaya Protein dan Jangan Digoreng

Sebagai pasangan dari nasi merah atau roti gandum, pilih lauk yang kaya akan protein nabati dan hewani seperti tahu, tempe, daging atau ikan.

Untuk menggugah selera, mungkin bisa membuat sup sayur yang berisikan sayuran kaya serat dengan isi daging dan tahu.

Buat sebelum tidur dan panaskan ketika akan sahur. Atau bisa mencoba membuat pasta yang cenderung mudah pengolahannya dengan campuran brokoli dan ikan tuna.

Usahakan proses pengolahan makanan juga tidak digoreng karena makanan yang digoreng tidak memberi asupan air yang cukup dan menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen dan akan membuat kantuk sepanjang hari.

Minyak juga tidak baik karena menimbulkan radikal bebas dalam tubuh. Raciklah makanan dengan cara mengkukus, rebus, setup atau bahkan – jika punya waktu luang sesudah buka puasa – diasap.

Konsumsi Buah Pemberi Energi

Sempurnakan santapan sahur dengan mengkonsumsi makanan yang membantu tubuh memproduksi enerji sepanjang hari.

Buah-buahan seperti pisang, jeruk atau lemon yang mengandung magnesium dan potassium dipercaya bisa membantu memberi tenaga dalam beraktivitas.Atau sebagai variasinya, bisa mencamil kacang-kacangan seperti almond.

Sebagai makanan penutup, hindari makanan yang sulit dicerna seperti coklat, keju atau bahkan kue tart. Juga bagi yang pengidap maag, hindari minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, sari buah sitrus seperti jeruk, susu dan tentunya, minuman beralkohol.

0 comments