Mengulas Beragam Manfaat Olahraga Sepatu Roda dan Bersepeda

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama dalam membakar kalori. Olahraga memiliki banyak manfaat dan beragam jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Olahraga yang ada saat ini dapat dipilih sesuai dengan usia dan juga kemampuan supaya tidak menjadi beban. Sepatu roda dan bersepeda merupakan dua olahraga yang cukup banyak diminati karena memiliki banyak manfaat. Olahraga ini juga tidak mengenal umur dan kalangan apapun.

Gambar terkait
 
Berikut adalah manfaat olahraga sepatu roda diantaranya:

  • Menyehatkan tulang sendi, menyediakan gerakan fluida terhindar dari kerusakan sendi dan sama halnya dengan latihan aerobik yang memiliki manfaat yang sama dengan jumlah yang sama ketika dihabiskan untuk berolahraga lari.
  • Membakar kalori, dapat membakar sekitar 10 kalori setiap menit hanya dengan menggunakan sepatu roda, manfaat ini termasuk cepat jika dilakukan cepat dapat membakar 300 dan 600 kalori dalam satu jam.
  • Baik untuk suasana hati, permainan yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia dengan proses meluncur dan ditambah dengan suara musik serta kebersamaan dengan teman dan membuat hati lebih tenang dan nyaman.
  • Memperkuat tulang lengan dan kaki, olahraga ini melibatkan gerakan tulang kaki dan bagian glutes, sementara bagian lengan hanya mendapatkan gerakan khusus untuk menyeimbangkan tubuh selama bergerak.

Selain diatas, manfaat lainnya adalah meningkatkan keseimbangan, kelincahan dan koordinasi karena mempertahankan bagian inti tubuh tetap tegak. Sepatu roda secara efektif dapat membantu memperkuat jantung dengan meningkatkan denyut jantung mulai 140-160 denyut per menit. Olahraga ini juga dapat meningkatkan daya tahan otot bersamaan dengan sistem kardiovaskular untuk menggunakan sistem energi tubuh.

Berikut adalah manfaat olahraga bersepeda diantaranya:

  • Mempertahankan daya tahan tubuh, akan membuat ketahanan tubuh dan selalu terjaga.
  • Menyehatkan organ jantung, detak jantung akan berirama ketika mengayuhnya dan jarak dekat ataupun jauh memiliki irama jantung berbeda dan membuat jantung lebih sehat.
  • Mengencangkan otot, hal ini semua bagian tubuh harus digerakkan dan tubuh lainnya terpicu untuk gerak dan baik untuk otot.
  • Mengatur pernapasan, saat bersepeda pesepeda akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan baik untuk pernapasan.
  • Memperkuat kerangka tubuh, walaupun posisi tubuh sedikit membungkuk tetapi akan membuat tubuh semakin kuat dan tegak.
  • Tidak mudah terserang penyakit, karena tubuh akan sehat dan daya tubuh akan lebih terjaga.
  • Mengurangi tingkat stress, hal ini dikarenakan pesepeda akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda.

Selain itu, untuk jiwa muda yang menyukai sepeda maka dapat menghalau keluhan sakit pada punggung. Membuat pikiran menjadi lebih tenang karena saat mengayuh sepeda ada keteraturan irama dan kegiatan fisik tersebut berpengaruh terhadap pikiran. Bersepeda juga dapat mengontrol suplay oksigen tubuh dan mencegah penyakit kanker karena tubuh dalam keadaan sehat.

0 comments