Sebelum Belajar Mobil Manual, Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini!

Sebagai salah satu kendaraan yang banyak digunakan, tidak sedikit yang ingin agar bisa mengendarai mobil agar jika dalam kondisi darurat misalnya mengantarkan orang sakit, bisa lebih mudah dan cepat saat mengantarkannya. Namun, tidak semua mobil memiliki transmisi otomatis yang ada di mobil matic, sehingga mau tidak mau harus belajar mobil dengan transmisi manual. Sebelum Anda belajar maka Anda harus menguatkan kemauan Anda dan mengumpulkan keberanian Anda. Kemudian ketahui hal berikut. 
 
 
Pertama adalah ketahui masing-masing fungsi dari bagian mengemudi. Selain setir kemudi, Anda juga harus tahu mengenai pedal gas, kopling dan rem. Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Fungsinya yaitu:

  • Pedal gas: Untuk mempercepat ataupun memperlambat laju kendaraan.
  • Pedal rem: Memperlambat dan menghentikan laju mobil. Namun ada pula rem tangan yang ada di sisi pengemudi untuk ‘mengunci’ agar kendaraan tidak bergerak terutama saat di parkir di tempat yang tidak rata misalnya saat di tanjakan atau turunan.
  • Kopling: Fungsinya untuk ‘syarat’ perpindahan gigi dan persyaratan untuk berhenti. Dengan melepas kopling, maka mobil bisa berjalan saat Anda menginjak gas. Namun jika tidak pas, mobil akan terasa seperti meloncat ataupun mesin mobil langsung mati.

Untuk mobil manual, terdapat 5-6 transmisi gigi dan jumlah transmisi tersebut tergantung dari masing-masing mesin mobil yang dipergunakan. Saat bagian transmisi tersebut berwarna hijau atau terdapat tulisan N berarti itu untuk posisi netral. Pastikan lebih dahulu anda tahu mengenai teori kapan harus masuk transmisi untuk maju dan mundur agar tidak menimbulkan kejadian yang fatal misalnya menabrak mobil yang ada di depan mobil Anda padahal Anda ingin mundur.

Setelah tahu dari fungsi tersebut, posisikan spion sesuai dengan kenyamanan anda agar anda bisa melihat samping kanan kiri dan belakang mobil. Kemudian posisikan duduk Anda dengan nyaman. Jangan terlalu tegak namun jangan pula terlalu rebah serta pastikan jika kaki anda bisa menekan gas, rem ataupun kopling dengan baik. Jangan lupa nyamankan tangan Anda saat memegang setir. Caranya adalah, pegang ujung tuas yang berbentuk benjolan dengan menggunakan 2 ruas bawah jari telunjuk dan juga jari tengah serta diapit jemari yang lainnya yang ada di kanan kiri Anda tanpa memberikan tekanan atau cengkraman. Pastikan Anda memegangnya dengan rileks.

Terakhir adalah pegang dan coba pindahkan persneling. Saat memindahkan gigi, jika ada suara klek berarti pas atau cocok. Disebabkan saat berkendara Anda tidak bisa melihat persnelling, walaupun bisa melirik, maka Anda haru hafalkan dahulu posisinya agar Anda tetap fokus saat berkendara. Agar bisa lebih lancar saat memindahkan tuas, menginjak dan melepaskan rem, kopling dan gas, Anda bisa latihan terlebih dahulu namun pastikan bersama dengan orang yang sudah lancar mengendarai mobil.

0 comments