Ulasan Seputar Manfaat Mengelola Keuangan dan Hal yang Dihindari Sebagai Anak Kos

Mahasiswa tersebar di seluruh daratan Indonesia dengan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta ataupun sekolah kedinasan pilihan masing-masing. Mahasiswa yang menetap di sebuah daerah baru tentunya harus menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan, bahasa yang digunakan, jenis makanan dan kondisi masyarakatnya. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan pengeluaran atau biaya hidup selama merantau. Saat ini keuangan memang sering diperbincangkan dan cukup sensitif karena segalanya membutuhkan uang. Jika mampu mengelola keuangan dengan baik tentunya akan memberi manfaat kepada pengguna uang tersebut.

 
Berikut adalah manfaat mengelola keuangan dengan benar diantaranya:

  • Melatih untuk menjalankan pola hidup hemat, dengan hidup serba pas-pasan dan membuat beberapa keinginan yang tidak dibutuhkan di urungkan untuk merealisasikannya saat ini.
  • Berlatih untuk lebih tertib dan teratur, dengan mengatur kebutuhan sendiri dan keluarga selalu terencana dan detail sehingga uang yang dapat ditabung dapat digunakan untuk selain kebutuhan pokok.
  • Mengurangi stress, akibat masalah keuangan seperti utang besar, pinjaman yang belum lunas dan ditambah dengan bunga yang semakin tinggi dan beberapa masalah keuangan lainnya.
  • Memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik karena mampu memberi uang untuk disisihkan dan manfaatnya dapat dirasakan untuk keperluan kedepannya.

Selain beberapa diatas, manfaatnya juga dapat digunakan untuk perlindungan dari kejadian yang tidak terduga karena adanya simpanan uang. Dapat juga menghindarkan seseorang dari utang atau pinjaman dengan merencanakan keinginan dengan mengumpulkan uang lebih terlebih dahulu. Dapat berbagi dengan orang yang lebih membutuhkan sehingga akan menambah kebahagiaan dan memberi ketenangan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari ketika menjadi anak kosan:

  • Melakukan belanja bulanan tanpa rencana, hal ini sering sekali terjadi apabila sedang menginginkan sebuah barang dan tak mampu menahan diri untuk membelanjakan sesuatu yang sedang tidak dibutuhkan. Ini akan membuat uang bulanan menjadi berkurang dan tidak dapat dikontrol.
  • Menyetok cemilan, sebenarnya hal ini tidak terlalu penting. Jajan hanya diperlukan jika memang diperlukan terlalu sering menyetok cemilan akan membuat pengeluaran semakin membengkak dan akan mengurangi uang bulanan sedangkan kebutuhan untuk bulan tersebut masih banyak.
  • Memiliki pola hidup tidak baik, hal ini ditandai dengan seseorang yang jarang berolahraga dan memiliki jam istirahat yang kurang serta pulang larut malam akan membuat seseorang mengonsumsi makanan cepat saji yang akan menambah biaya pengeluaran bulanan.

Beberapa cara diatas tentunya sangat perlu diperhatikan terutama bagi mahasiswa yang belum terbiasa hidup sederhana dan jauh dari orangtua. Perbedaan yang jauh ini akan membuat seseorang memiliki tingkat konsumtif yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, menghindari beberapa hal diatas akan menjaga uang bulanan tetap aman dan tetap digunakan sesuai dengan keperluan semestinya.

0 comments