Tips Cerdas Atur Keuangan Pribadi Bagi Para Karyawan Muda

Setelah lulus pendidikan, tentu fokus utama adalah untuk mendapatkan pekerjaan. Biasanya untuk para lulusan baru, diterima kerja di perusahaan atau perkantoran apapun umumnya masih diberi gaji dengan jumlah yang tak begitu besar. Jangan berkecil hati, tentu ini sebagai batu loncatan dimana nantinya gaji masih bisa naik dan jabatan akan bagus. Meski demikian, selama proses gaji yang masih sedikit itu, pengaturan keuangan harus sangat baik terutama bagi para karyawan rantauan.

Tips Cerdas Atur Keuangan Pribadi Bagi Para Karyawan Muda


Keuangan pribadi sangat penting untuk bisa diatur sebaik mungkin. Alasannya tentu saja karena dengan pengaturan keuangan yang baik maka akan bisa dimaksimalkan segalanya. Tak hanya habis untuk makan dan kebutuhan harian, namun keuangan jangka panjang juga bisa terbentuk dari keuangan saat ini. Bagi Anda para karyawan muda, maka berikut ini beberapa tips atur keuangan terbaik yang bisa dilakukan:

  • Buat anggaran saat awal bulan

Membuat anggaran keuangan mungkin sudah bukan tips yang baru bagi Anda. Namun hal ini memang penting sekali untuk dilakukan karena dengan membuat perencanaan keuangan maka akan bisa mengetahui alokasi keuangan secara keseluruhannya. Anda bisa mencatat keseluruhan alokasi keuangan Anda untuk satu bulan ke depan dimana kadang sama, kadang juga beda tergantung situasi dan kondisi misalnya alokasi untuk makan, transportasi, hiburan dan lainnya.

  • Catat pengeluaran harian

Untuk bisa menghindari kesalahan dalam pencatatan keuangan, maka ada baiknya Anda untuk mencatat pengeluaran keseluruhan harian Anda. Hal ini sering sekali disepelekan dan membosankan, namun jika Anda rajin mencatatnya dengan tertib, maka alokasi keuangan Anda akan jelas. Usahakan untuk mengeluarkan keuangan sesuai dengan kemampuan Anda. Jika memang Anda belum mampu membeli sesuatu, maka pikir ribuan kali untuk kredit karena kredit akan mengikat Anda dengan jangka waktu lama, terutama gaji Anda yang masih belum terlalu besar.

  • Rencanakan tujuan jangka menengah dan panjang

Mungkin tujuan jangka menengah Anda adalah untuk menikah, bulan madu, rumah dan lainnya. Ya, ini normal sekali. Namun pasti Anda tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Ya, ini bisa jadi tujuan keuangan jangka menengah yang Anda pikirkan. Selain itu, tujuan keuangan jangka panjang juga perlu dipikirkan sejak saat ini. Jika sudah direncanakan, lanjutkan dengan aksi dengan pengaturan keuangan. Anda harus bisa memulai menabung dan menyisihkan uang untuk semua tujuan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatur keuangan pribadi Anda sebagai karyawan baru. Jika Anda sudah memiliki kartu kredit, maka kewaspadaan Anda juga harus lebih maksimal karena kartu kredit bisa menguras apabila tidak digunakan secara bijak. Jadi mulailah atur keuangan sejak saat ini.

0 comments