Ini Dia Fakta-fakta Seputar Buku

Berdasarkan survei, Negara ASEAN menjadi negara yang memiliki minat baca paling rendah. Bahkan di Negara Indonesia menjadi negara dengan intensitas membaca satu buku dalam kurun waktu setahun. Mengingat pentingnya dan banyaknya manfaat membaca, kebiasaan ini sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain yang memiliki minat baca yang tinggi. Padahal jika dibiasakan, kebiasaan ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Ketika ada waktu luang misalnya, sempatkanlah waktu sekitar 10-15 menit untuk membaca. Itu cukup, daripada tidak membaca sama sekali.

Hasil gambar untuk buku
 
Membaca sangat baik bagi perkembangan otak. Meskipun sudah tahu manfaatnya, banyak orang yang mengesampingkan hal ini dan lebih memilih mencari hobi yang lainnya. Memang hobi yang lainnya juga memiliki manfaat masing-masing, tetapi dengan diimbangi dengan membaca. Maka, otak Anda akan semakin berkembang baik:

  • Meminimalisir terkena penyakit Alzheimer.
  • Mengurangi stress.
  • Menambah pengetahuan.
  • Memperkaya kosa kata dan gaya bahasa.
  • Melatih daya ingat.
  • Meningkatkan kemampuan menganalisis.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan kemampuan menulis.
  • Memunculkan ketenangan.

Selain manfaat membaca yang begitu banyak. Banyak fakta unik yang wajib Anda ketahui. Siapa tahu fakta-fakta ini akan mampu membuka mata Anda tentang betapa pentingnya membaca. Karena membaca tidak harus selalu dilakukan pada bacaan yang berat saja, tetapi juga bisa membaca beragam jenis bacaan yang tentunya memiliki kesan dan manfaat masing-masing:

  • Kesehatan.

Ternyata, diam-diam. Kebiasaan membaca akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Menurut penelitian, ketika orang merasa stress, salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan cara membaca. Bacaan juga membuat orang tidak mudah pikun, dan mampu memperkuat kinerja otak.

  • Teks jauh lebih unggul dibandingkan dengan ebook.

Minat membaca bacaan konvensional lebih tinggi dibandingkan dengan bacaan elektronik. Karena bacaan elektronik dapat memecahkan konsentrasi dan membuat mata cepat lelah.

  • Brazil membuat inovasi buku tiket.

Untuk meningkatkan minat baca penduduknya. Brazil membuat terobosan dengan membuat bacaan multifungsi yang juga diperuntukkan bagi tiket kereta bawah tanah. Jadi, sembari di perjalanan orang akan dapat memilih menghabiskan waktu dengan membaca.

  • Lembar mewarnai untuk dewasa.

Lembar mewarnai ini mampu meredakan stress pada orang dewasa, dan dapat digunakan bagi sarana di dalam dunia psikiater.

Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari bacaan. Fakta-fakta seputar bacaan ini juga banyak sekali dan termasuk unik. Bahkan negara-negara lainnya menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca penduduknya. Jadi, sepertinya generasi-generasi muda di Indonesia juga bertindak yang sama untuk memajukan dan meningkatkan budaya membaca di negara sendiri. Bukan tidak mungkin, jika satu orang mampu untuk merangkul beberapa orang untuk membaca dan beberapa orang yang dirangkul mengajak orang lain lagi. Budaya membaca di Indonesia akan meningkat terus menerus. Banyaknya manfaat, banyak juga jenis-jenis bacaan bacaan yang dapat dipilih sesuai dengan kesukaan Anda. 
 
Tinggal Anda pilih yang sesuai dengan gaya Anda juga dan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan bacaan yang ringan Anda bisa memilih jenis bacaan seperti novel, komik, atau cergam. Jika bacaan yang Anda butuhkan berkaitan dengan bidang studi Anda, maka bisa dipilih bacaan dengan jenis ensiklopedia, kamus, karya ilmiah, atau bacaan teks. Tentu masih banyak lagi ragam bacaan yang ada di luar sana. Apakah Anda yakin, tidak tertarik memasukkan hobi membaca ke dalam deretan hobi-hobi Anda. Karena dengan buku Anda bisa jauh lebih mengetahui segalanya hanya dengan menyempatkan waktu untuk membuka lembaran kertas yang memiliki tulisan-tulisan penuh makna, dan membacanya.

0 comments