Solusi dan Cara Menyingkirkan Tokek di Rumah dengan Mudah

Hewan reptil seperti cicak atau tokek akan datang ke rumah anda jika mereka merasa memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi. Jadi, cara menyingkirkan tokek di rumah yang paling efektif adalah dengan membuatnya tidak nyaman atau tidak menyediakan tempat baginya untuk bersembunyi. Caranya? Ya, dengan menjaga kebersihan di dalam rumah maupun di sekitar tempat tinggal anda.

Cara Menyingkirkan Tokek

So, pastikan anda rutin membersihkan setiap sudut rumah, sehingga tidak ada ‘ruang’ bagi hewan pengganggu untuk bersarang.

Baca Juga : Tips Memilih Baju Bayi Lucu yang Aman Digunakan
                     Hal yang Perlu Dihindari saat di Depan Murid-murid Ketika Anda Ingin Menjadi Guru
                     Tips Memilih Makanan Sahur Yang Baik Bagi Keluarga Anda

Namun, jika anda dan keluarga masih terganggu dengan keberadaan tokek, ada beberapa cara yang bisa dicoba, seperti memasang perangkap.

Cara Menyingkirkan Tokek di Rumah dengan Perangkap

Salah satu cara menyingkirkan tokek di rumah adalah dengan memasang perangkap. Jika sudah tertangkap, anda bisa membuangnya ke tempat yang jauh. Ada beberapa perangkap yang kerap digunakan, seperti;

Lem Tikus

Cara Menyingkirkan Tokek

Pastinya anda pernah menggunakan lem untuk memerangkap tikus di rumah. Anda bisa menggunakan trik yang sama untuk memerangkap tokek. Caranya cukup mudah:

  • Siapkan lem tikus dan sebidang papan
  • Oleskan lem tikus secara merata pada bidang papan tersebut
  • Beri umpan makanan tokek, seperti rimahan makanan yang telah dikerubungi semut atau serangga
  • Taruh bidang papan di tempat persembunyian tokek. 
  • Atau, tempelkan pada dinding di mana tokek kerap lewat
  • Begitu tokek terperangkap, masukkan ke dalam karung dan buanglah di tempat yang jauh dari rumah anda.

Perangkap Tikus

Cara Menyingkirkan Tokek dengan perangkap tikus

Anda tentu mengenal kandang kawat kecil yang biasa dipakai untuk perangkap tikus, bukan? Gunakanlah trik yang sama untuk memerangkap tokek yang mengganggu di rumah anda. Tempatkan makanan yang disukai tokek di dalam perangkap. Begitu tokek masuk, dijamin tidak akan bisa keluar lagi!

Getah Buah Nangka

Getah Buah Nangka

Anda mungkin tidak pernah berfikir kalau getah buah nangka ada gunanya juga, yakni, menjebak tokek. Caranya sama dengan menggunakan lem tikus. Hanya saja, anda menggunakan bahan alami. Oleskan getah nangka pada sepotong papan kecil, bilah bambu atau kayu panjang.

Jika menggunakan papan kecil, taruhlah di tempat di mana tokek kerap bersembunyi, atau tempel di permukaan dinding. Namun, jika menggunakan bilah bambu atau kayu, maka anda bisa menggunakannya untuk menangkap tokek.

Cara Menyingkirkan Tokek di Rumah dengan Mudah

Jika cara menyingkirkan tokek di rumah dengan jebakan terlalu ribet bagi anda, maka pilihan berikutnya adalah membuat tokek tidak nyaman berada di sekitar rumah anda. Ada beberapa pilihan triknya:

  • Gunakan bahan berbau tajam. Tokek tidak menyukai benda beraroma tajam, seperti kapur barus, kopi, tembakau, merica, bawang merah, atau bawang putih. Jadi, anda bisa menaruh salah satu bahan alami ini di tempat persembunyian tokek untuk mengusirnya.
  • Menakuti tokek dengan menempatkan beberapa cangkang telur di persembunyiannya juga cukup ampuh. Beberapa helai bulu burung merak juga bisa berguna menakuti tokek.
  • Minimalisir ‘ruang’ bagi tokek untuk bersembunyi. Misalnya, kurangi gantungan foto atau poster di tembok. Atau, beri jarak antara furnitur dengan tembok, minimal 15 cm, sehingga tokek tidak bisa bersembunyi di belakangnya.
  • Jaga kebersihan sekitar rumah, sehingga tokek tidak memiliki tempat yang nyaman untuk berlindung. Misalnya, hindari genangan air di sekitar rumah dan tutuplah semua celah, seperti lobang di dinding, di mana tokek bisa bersembunyi.
Nah, dengan beberapa cara menyingkirkan tokek di rumah tersebut di atas, niscaya rumah anda akan terasa nyaman dan aman karena bebas dari gangguan tokek. Selamat mencoba.

0 comments