4 Jurus Jitu Selamatkan Anak Pasca Digigit Hewan Peliharaan!

Saat anak digigit hewan peliharaan - Mengajarkan anak sedari kecil untuk menyayangi binatang sangat bagus untuk melatih kepekaan emosi buah hati. Kelak, ajaran ini dapat mendorong si Kecil tumbuh sebagai sosok anak penyayang dan peduli pada makhluk hidup di sekitarnya.

4 Jurus Jitu Selamatkan Anak Pasca Digigit Hewan Peliharaan!

Namun, buah hati yang semakin dekat dengan hewan peliharaannya kadang mengalami beberapa hal yang tidak menyenangkan. Bisa saja hewan peliharaan tersebut menggigit buah hati tersayang saat ia sedang asyik bermain. Nah, bila Anda menemukan kejadian anak digigit hewan peliharaan, simak cara cepat selamatkan luka anak digigit hewan peliharaan berikut ini:

1. Menekan luka dengan kain bersih

Bila keasyikan dan riang canda keluarga terhenti lantaran si Kecil digigit atau dicakar hewan peliharaan, segera ambil kain bersih dan tekan luka dengan segera. Menekan luka yang digigit hewan peliharaan dengan kain bersih ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan sehingga si Kecil tak sampai mengeluarkan banyak darah.

2. Memberikan sabun antiseptik

Setelah selesai menekan luka anak akibat digigit hewan peliharaan dengan kain bersih, serta darah anak telah berhenti mengalir, guyur luka dengan cairan sabun antiseptik. Sabun cair ini akan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kuman, bakteri, ataupun virus pada kulit anak yang dapat memicu berbagai penyakit serta infeksi akibat gigitan hewan peliharaan.

3. Tutup luka dengan kasa steril

Setelah luka anak yang digigit hewan peliharaan selesai dibasuh, keringkan dengan kain kasa steril. Bila luka masih belum kering, gunakan kipas angin atau kipas manual untuk mengeringkan luka bekas digigit hewan tersebut. Kemudian, tetesi luka dengan alkohol atau larutan antiseptik guna membunuh bibit penyakit yang sekiranya masih tersisa. Setelah luka anak sudah benar-benar kering, tutup dengan kasa steril agar tidak mengalami infeksi saat terkontaminasi dengan udara.

4. Mengunjungi dokter

Bila anak mendapat gigitan hewan peliharaan dengan kondisi luka terbuka cukup parah, segera bawa ke dokter. Luka yang menganga tersebut perlu segera dijahit agar darah tidak terus mengalir serta mencegah peluang terjadinya infeksi, tetanus, atau penyebaran virus rabies dari mulut hewan.

Baca Juga : Pada Usia Berapa Sebaiknya Memperkenalkan Dunia Belajar Formal kepada Anak? Ini Dia Jawabannya!

Nah, itulah empat cara cepat tangani luka anak pasca digigit hewan peliharaan. Kesigapan Anda dalam menangani luka anak yang digigit hewan peliharaan ini sangat berguna untuk mencegah penyebaran bibit penyakit dan hal buruk lain pada buah hati tersayang. Jangan ragu pula segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis yang lebih jitu dalam menangani luka digigit hewan peliharaan.

0 comments