Alasan Baking Soda Bisa Jadi Bahan Pembersih

Cara praktis untuk membersihkan peralatan rumah adalah dengan menggunakan produk pembersih yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Harganya juga cukup banyak yang terjangkau.

Namun jika ingin menggunakan produk yang lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan, maka kamu bisa memilih bahan alami sebagai alternatif.

Alasan Baking Soda Bisa Jadi Bahan Pembersih

Seperti baking soda yang umum dikenal sebagai bahan dalam pembuatan kue, namun ternyata bisa bermanfaat juga sebagai bahan pembersih rumah tangga. Berbagai peralatan di rumah bisa dibersihkan dengan baking soda.

Baking soda atau natrium bikarbonat ialah senyawa netral yang terbentuk dari ion yang muatannya positif atau kation, dan campuran dari ion yang muatannya negatif atau anion. Meski dibilang netral, tapi baking soda punya kandungan pH di atas angka 7 yang cukup tinggi dibandingkan senyawa netral yang lain.

Baca Juga : KPR sebagai Solusi Tepat Memperoleh Rumah Impian bagi Keluarga Kecil Anda

Makanya baking soda bisa dimanfaatkan untuk membuat dapur menjadi bersih dan tidak berbau. Baking soda bisa menyingkirkan atau menetralkan bau tak sedap di dalam ruangan, karena bereaksi dengan asam di udara.

Akan tetapi, agar manfaatnya lebih maksimal, kamu perlu mengganti baking soda secara berkala. Sebab seiring berjalannya waktu, baking soda bisa menjadi kurang reaktif terhadap asam, sehingga kehilangkan kemampuan untuk menghilangkan bau.

Selain baking soda, kamu bisa menggunakan cuka untuk hasil yang maksimal. Misalnya, jika ada kotoran pada peralatan dapur, maka kamu bisa menghilangkan noda atau kotoran tersebut dengan campuran baking soda dan cuka. Keduanya akan membuat terjadinya reaksi asam dan basa yang ampuh untuk menyingkirkan/membersihkan kotoran.

0 comments