Mengapa Peran Broker Asuransi Sangat Diperlukan untuk Memperlancar Bisnis?

Pemahaman masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih terhitung rendah. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2017 menyatakan bahwa jumlah masyarakat tanah air yang memiliki asuransi hanya berkisar di angka 10%. Itulah sebabnya peran broker asuransi sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi secara tepat tentang asuransi. Kehadiran broker asuransi juga memiliki korelasi dengan kelancaran bisnis bagi perusahaan-perusahaan modern.

Mengapa Peran Broker Asuransi Sangat Diperlukan untuk Memperlancar Bisnis?

Peranan Broker Asuransi 

Broker asuransi adalah badan resmi yang bertujuan membantu nasabah asuransi mendapatkan hak-hak dan manfaat proteksi sesuai dengan polis yang sudah disepakati. Kehadiran broker asuransi bukan hanya melindungi hak-hak nasabah, melainkan juga membantu proses edukasi untuk meningkatkan pemahaman tentang asuransi.

Manfaat Broker Asuransi bagi Perusahaan

Perusahaan yang ingin memilih asuransi untuk melindungi aset maupun memfasilitasi karyawan bisa memanfaatkan jasa broker asuransi. Sehingga risiko memilih produk asuransi yang keliru bisa diminimalkan. Secara garis besar, broker asuransi bertanggung jawab terhadap beberapa hal, yaitu:


  • Membantu proses identifikasi risiko


Sebelum mendapatkan asuransi, perusahaan Anda akan dibantu dalam mengidentifikasi risiko yang sebetulnya dihadapi. Proses ini sangat membantu agar asuransi yang dibeli bisa lebih tepat guna dan sesuai kebutuhan perusahaan.


  • Mencari paket asuransi terbaik


Jalinan kerja sama dengan broker asuransi akan memberikan variasi produk asuransi yang lebih beragam dari mitra perusahaan asuransinya. Selain itu, perlindungan aset perusahaan dan kesejahteraan karyawan dapat dibantu oleh kehadiran broker asuransi. Sehingga, perusahaan pun bisa lebih fokus menjalankan proses bisnis dan cermat menyiasati persaingan bisnis yang ketat.


  • Proses klaim yang lebih mudah


Kesepakatan kerja sama dengan broker asuransi ditandai dengan placing slip yang diperoleh pihak tertanggung. Selanjutnya, broker asuransi akan mulai menjadi perantara bagi urusan klaim asuransi yang telah dibeli. Proses ini akan sangat menghemat waktu perusahaan Anda dalam hal yang berkaitan dengan asuransi

Besarnya peran yang diberikan broker asuransi, dapat membantu perusahaan Anda dalam melancarkan bisnis. Sebab, kerja sama dengan broker asuransi bisa membantu perusahaan agar lebih fokus dalam mencapai target bisnisnya. Pelayanan tersebut membedakan broker asuransi dengan agen asuransi pada umumnya.

0 comments