Pencegahan Dari Risiko Gangguan Pendengaran

Banyak sekali hal dalam kehidupan sehari-hari beresiko menimbulkan gangguan pada pendengaran. Gangguan pendengaran merupakan masalah kesehatan yang cukup memprihatinkan. Sebab penderitanya tidak sedikit, termasuk di Indonesia. Sebagian disebabkan oleh kurangnya perhatian dalam melakukan perlindungan dan pencegahan. Penggunaan alat bantu dengar pun masih diperhitungkan.

Pencegahan Dari Risiko Gangguan Pendengaran

Pemerintah Indonesia sendiri telah memberi kemudahan dengan menyediakan alat bantu mendengar secara gratis serta penyuluhan tentang masalah kesehatan pada pendengaran.

Pencegahan Adalah Langkah Dasar

Sama seperti penyakit atau masalah kesehatan lainnya, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dengan gangguan pendengaran. Ini dia beberapa cara mencegah risiko gangguan pendengaran.

• Hindari Memasukan Benda Asing ke Telinga

Pencegahan pertama, hindari memasukan benda asing seperti cotton buds, tissue, kapas, ataupun jari ke telinga. Memang penggunaan cotton buds untuk membersihkan area telinga sangat umum dilakukan, tetapi hal tersebut tidak disarankan.
Sebab bisa membuat kotoran malah jadi terdorong lalu menumpuk di bagian dalam. Selain itu dorongan yang diberikan bisa saja menekan bagian telinga yang rentan mengalami kerusakan.

• Istirahatkan Telinga
Bila aktivitas sehari-hari Anda berhubungan dengan suara keras seperti suara musik dan mesin, biasakan untuk mengistirahatkan telinga satu jam sekali. Jangan biarkan telinga mendengar suara keras terus-menerus. Setelah itu uji pendengaran sehabis beraktivitas secara berkala.

• Lindungi Telinga Saat Berada di Kondisi Berisik atau Bertekanan Tinggi
Anda bisa gunakan headphone, earphone, atau earplug yang membantu menghalangi suara keras dan tekanan tinggi menekan telinga. Seperti ketika menonton film di bioskop, mendatangi acara musik, di pesawat, dan lain-lain.

• Hindari Merokok

Faktanya, selain mengganggu kesehatan tubuh dan saluran pernapasan, kegiatan merokok juga secara perlahan mengurangi fungsi indera pendengaran.

•  Menghindari Kegiatan Beresiko Mencederai Area Telinga

Selanjutnya, usahakan hindari kegiatan-kegiatan yang memang jelas beresiko bisa mencederai area telinga seperti mendengarkan musik menggunakan headset terlalu lama, menggunakan pistol/senapan, serta kegiatan lainnya.

• Jangan Ragu Konsultasi Pada Dokter

Bila merasakan ada yang tidak beres atau mengalami gejala gangguan pendengaran, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan cepat dan tepat.
Gunakan alat bantu dengar Bandung atau dapatkan di area terdekat untuk mempermudah aktivitas bila fungsi pendengaran mulai terganggu.

0 comments