Ini Dia Beberapa Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Karena hipertensi membuat kerja jantung menjadi lebih keras dan dapat menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah (aterosklerosis). Mengalami tekanan darah tinggi bisa beresiko menyebabkan timbulnya penyakit jantung, stroke, gagal jantung kongestif, dan penyakit gagal ginjal. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, banyak orang yang mengkonsumsi obat-obatan kimia anti hipertensi. Sayangnya jenis obat-obatan ini kurang baik dikonsumsi untuk jangka panjang karena memberikan efek samping. Sehingga beberapa orang ada yang mulai beralih menggunakan obat darah tinggi yang herbal atau alami.

Dibandingkan dengan obat-obatan kimia, menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi dengan bahan-bahan alami dinilai lebih aman. Hal ini dikarenakan efek samping yang ditimbulkan lebih ringan. Ada beberapa bahan alami yang menurut penelitian terbukti efektif dan aman sebagai pengobatan untuk kondisi hipertensi. Berikut ini beberapa bahan alami tersebut:

Ini Dia Beberapa Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Darah Tinggi

  • Daun basil (selasih).
Daun basil biasanya digunakan sebagai campuran pada berbagai jenis masakan. Namun ternyata bahan alami yang satu ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ekstrak basil terbukti mampu menurunkan tekanan darah, meskipun untuk jangka waktu yang sebentar. Untuk penggunaannya sebagai obat darah tinggi, Anda menambahkan daun basil segar ke dalam makanan Anda. Anda bisa menambahkan daun basil pada olahan masakan yang dibuat, seperti pada tumisan, salad, dan sop.
  • Kayu manis.
Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat hipertensi yang alami adalah kayu manis. Kayu manis atau cinnamon yang bisa digunakan pada berbagai olahan masakan bisa Anda gunakan sebagai obat dengan cara mencampurkannya pada olahan makanan harian. Bisa dengan mencampurkannya pada sereal, oatmeal, atau bahkan pada teh dan wedang yang dibuat. Selain itu bisa juga dimasukkan dalam berbagai olahan masakan yang berbumbu pekat, seperti gulai, kari, dll.
Bumbu yang berasal dari India ini terbilang cukup banyak digunakan pada berbagai olahan masakan Asia Selatan. Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa kapulaga memiliki efek yang bagus untuk kesehatan. Dimana mampu membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Untuk penerapan kapulaga sebagai obat, Anda bisa menambahkannya pada olahan masakan sehari-hari.
  • Bawang putih.
Sebagai salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan pada berbagai olahan masakan, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi dengan menyebabkan pembuluh darah lebih rileks dan melebar. Sehingga memungkinkan aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah tidak terlalu tinggi lagi. Anda bisa menggunakan bawang putih segar pada olahan masakan favorit Anda.
Jenis obat alami untuk tekanan darah tinggi yang satu ini mungkin terbilang kurang familiar di telinga. Namun hawthorn sebenarnya sudah cukup lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Khasiat hawthorn, antara lain mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, termasuk di dalamnya seperti menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan mampu melancarkan sirkulasi darah.
  • Cakar kuning.
Cakar kuning merupakan jenis tanaman herbal yang biasa digunakan dalam pengobatan Tiongkok. Dari penelitian, cakar kuning terbukti mampu digunakan sebagai obat darah tinggi dengan bertindak pada saluran yang membawa kalsium dalam sel tubuh. Cakar kuning bisa didapatkan dalam bentuk suplemen di berbagai toko kesehatan. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu untuk lebih amannya.

0 comments