Sebelum Lakukan Zakat Online Lakukan Cek Aplikasi Lebih Dulu

Biasanya orang tidak bisa berzakat karena tidak bisa meluangkan waktu. Apalagi bagi pekerja yang setiap hari harus on time bekerja. Salah satu solusi untuk menangani masalah seperti itu adalah dengan melakukan zakat via aplikasi. Zakat bisa dilakukan melalui perantara apapun, tetapi hal yang perlu diingat adalah zakat harus tersampaikan kepada orang yang tepat.

Untuk mempermudah dalam melakukan zakat, sekarang sudah tersedia aplikasi untuk menyalurkan zakat. Menyalurkan zakat melalu online juga merupakan hal yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan zakat. Hanya dengan menggunakan aplikasi Anda sudah bisa menyalurkan zakat Anda.

Alasan untuk Melakukan Zakat Online

Jaman sudah serba digital, aplikasi untuk berzakat juga sudah banyak. Sekarang tinggal Anda membuka aplikasi dan melakukan pembayaran untuk zakat selesai. Proses zakat melalui aplikasi sangat mudah, Anda tinggal memilih tujuan yang akan Anda beri zakat dan tinggal melakukan pembayaran.

Zakat online melalui aplikasi merupakan solusi yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan zakat di era digital saat ini. Aplikasi zakat biasanya juga menyediakan fitur lain, tidak hanya khusus zakat saja dengan begitu Anda bisa mengakses fitur-fitur yang lainnya.

Cara Memilih Aplikasi Zakat Online

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan zakat online. Tetapi tidak semua aplikasi dapat dipercaya untuk menyalurkan zakat Anda. Untuk itu, sebelum Anda melakukan pembayaran zakat secara online Anda harus memperhatikan aplikasinya terlebih dahulu. Apakah aplikasi tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Berikut beberapa tips untuk mengetahui apakah aplikasi yang Anda gunakan dapat dipercaya atau tidak. Tips yang pertama Anda harus mengetahui lembaga yang bertanggung jawab atas aplikasi tersebut. Kedua, jangan asal menggunakan aplikasi, terkadang keaslian aplikasi perlu ditanyakan. Yang terakhir, Anda harus selalu memperhatikan tempat yang Anda beri zakat.

Aplikasi untuk Melakukan Zakat Online

Aplikasi yang digunakan untuk menyalurkan zakat online sangat banyak. Tetapi untuk aplikasi yang terpercaya ada beberapa. Berikut terdapat beberapa aplikasi untuk menyalurkan zakat secara online yang terpercaya.

1. Aplikasi Lazismu

Aplikasi Lazismu

Fitur yang disediakan yaitu zakat dan infaq online. Lazismu merupakan aplikasi yang dibuat oleh lembaga muhammadiyyah. Lazismu sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Zakat dan Infaq Shadaqah Muhammadiyah.

2. Aplikasi Paytren

Aplikasi Paytren

Fitur yang disediakan yaitu bayar tagihan PLN, beli token PLN, bayar tagihan PDAM, sedekah, bayar zakat, isi pulsa, paket data internet, isi deposit, cek deposit dan masih banyak lagi. Paytren merupakan aplikasi online yang dibuat oleh Ustadz Yusuf Mansyur. Sekarang Paytren juga memiliki program-program tambahan seperti Paytren Academy, Paytren Connect dan Paytren Marketplace.

3. Aplikasi AA Gym

Aplikasi AA Gym

Fitur yang disediakan yaitu donasi melalui online, dakwah, motivasi dan siraman qolbu. Dari nama aplikasi ini, Anda pasti sudah tau bahwa aplikasi ini dibuat oleh tokoh yang terkenal yaitu AA Gym. 

4. Aplikasi Zakat Kita

Aplikasi Zakat Kita

Fitur yang disediakan yaitu sedekah, zakat dan qurban melalui online. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dibentuk oleh lembaga Nurul Hayat. Nurul Hayat merupakan yayasan yang sudah dikenal banyak orang dan terpercaya.

5. Aplikasi Ayo Bayar Zakat

Aplikasi Ayo Bayar Zakat

Fitur yang disedikaan yaitu zakat dan donasi lainnya. Apikasi ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh pemerintahan kota Bandung. Tetapi memang yang bisa menyalurkan zakat tidak hanya warga Bandung, jadi terbuka untuk umum.

Kelebihan Melakukan Zakat Online Melalui Aplikasi

Melakukan zakat dimanapun dan kapanpun sangat diperbolehkan. Zakat juga bisa dilakukan secara online maupun offline, masing-maisng juga memiliki kelebihan. Salah satu kelebihan melakukan zakat melalui online yaitu menghemat waktu dan simple dalam penggunaannya. Tidak lepas dari jaman digital, melakukan zakat online juga merupakan solusi untuk menyalurkan zakat yang lebih mudah dan praktis.

Mengunakan aplikasi untuk menyalurkan zakat merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyalurkan zakat. Salah satunya yaitu cek aplikasi terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi, supaya terhindar dari hal-hal yang menyangkut penipuan.

0 comments