Tips Aman Berbelanja di Supermarket Agar Terhindar dari Virus Corona

Anjuran pemerintah untuk di rumah saja saat ini memang sudah banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun memang tidak semua orang bisa melakukan hal demikian lantaran tuntunan kebutuhan hidup yang berbeda-beda. Berada di rumah saja memang menjadi salah satu cara yang dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus corona karena akan lebih bisa meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. Karena memang seperti yang kita ketahui, virus yang satu ini memang cukup mudah menular hanya dengan kontak fisik saja.

Penularan yang terjadi umumnya ketika penderita COVID-19 mengeluarkan percikan ludah ketika batuk atau bersin. Dimana percikan ludah ini jika mengenai orang yang tidak sengaja berjarak dekat atau melakukan kontak fisik dengan penderita akan beresiko mengalami penularan. Selain itu pada benda-benda yang tidak sengaja terkena percikan ludah penderita COVID-19 ini juga bisa menjadi media penyebaran virus jika tersentuh oleh individu lain.

Penularan ini tentunya akan lebih mudah jika melakukan kontak fisik terlalu dekat dengan penderita COVID-19. Hal ini biasa terjadi ketika sedang bekerja atau berada di tempat umum. Dimana kemungkinan individu satu dengan yang lain akan lebih mudah berdekatan. Hal ini tentu perlu Anda waspadai karena kita tidak tahu siapa saja orang yang sudah terinfeksi ini. Karena memang penyakit COVID-19 juga bisa menular tanpa gejala sekalipun.

Supermarket menjadi tempat umum yang sering kita kunjungi saat harus membeli berbagai kebutuhan pokok maupun yang ringan-ringan. Mengingat saat ini sedang ada pandemi virus corona, tentunya Anda perlu berhati-hati agar meminimalisir kemungkinan terkena resiko penyebarannya. Sebaiknya tidak terlalu sering pergi ke tempat umum seperti supermarket, kecuali jika memang sangat urgent. Agar aman, Anda bisa melakukan berbagai tips berikut ini saat berbelanja di supermarket berikut ini:

Tips Aman Berbelanja di Supermarket Agar Terhindar dari Virus Corona


  • Buat catatan belanja di kertas.
Mencatat daftar belanjaan pada kertas berguna untuk menghemat waktu belanja agar tidak perlu berlama-lama di supermarket. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terpapar coronavirus ketika berada di tempat umum. Pastikan Anda membuat catatan belanja di kertas bukan di handphone agar setelah selesai menggunakannya bisa dibuang.

  • Hindari berbelanja di jam-jam sibuk.
Berbelanja ketika jam-jam sibuk sudah pasti akan bertemu dengan jumlah kerumunan orang yang banyak. Sehingga kemungkinan untuk berdekatan dengan individu lain semakin besar. Jam-jam sibuk supermarket biasanya terjadi pada akhir pekan dan sore hari antara pukul 16.00 hingga 18.00 pada hari-hari kerja. Untuk itu sebaiknya Anda berbelanja selain pada waktu tersebut.

  • Pergi belanja sendiri, hindari pergi dengan membawa seluruh anggota keluarga.
Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu belanja, di samping juga bertujuan mengurangi kemungkinan anggota keluarga yang bisa saja terpapar coronavirus ketika pergi beramai-ramai.

  • Membawa cairan pembersih tangan atau handsanitizer.
Selalu bawa benda yang satu ini karena sangat berguna untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh oleh pengunjung supermarket yang lain, seperti pintu masuk, troli atau keranjang, produk yang dijual di supermarket, dll.

  • Bersihkan barang belanjaan.
Hal ini mungkin terdengar berlebihan, namun tergolong bijak demi keamanan diri dan anggota keluarga yang bisa saja terpapar virus, kuman, dan bakteri yang menempel pada barang belanjaan. Gunakan cairan disinfektan rumah tangga atau handsanitizer untuk membersihkan barang belanjaan yang berupa produk non makanan.

  • Menggunakan metode pembayaran non tunai (cashless).

Untuk meminimalisir penularan virus corona, sebaiknya Anda menggunakan metode pembayaran non tunai, seperti kartu debit atau kredit.

0 comments